11 Rumah Ditimpa Pohon Tumbang

12
Rumah warga di Sungai Pisang Kelurahan Teluk Kabung Selatan tertimpa pohon, kemarin (31/3). (IST)

Hujan disertai angin kencang yang melanda Kota Padang kemarin siang (31/3) sekitar pukul 12.30, mengakibatkan 15 pohon tumbang menimpa rumah dan kabel listrik, serta menghambat akses jalan.

Informasi yang diterima Padang Ekspres, pohon tumbang tersebut terjadi di 7 kecamatan yakni Lubukkilangan, Pauh, Kuranji, Bungus Teluk Kabung, Kototangah, Padang Selatan dan Padang Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mendata rumah yang tertimpa pohon tumbang mengalami rusak ringan pada bagian atap dan bagian rangka atap.

Selain pohon tumbang, satu unit rumah di Cindakir Gunung, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung juga terdampak angin puting beliung. Tidak ada korban, namun peristiwa ini menimbulkan kerugian material.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, 15 pohon tumbang tersebut selain merusak 10 unit rumah warga, juga mengganggu akses jalan dan merusak jaringan listrik di lokasi kejadian.

Ia merincikan, pohon tumbang di 8 kecamatan tersebut yakni Kecamatan Pauh, pohon tumbang terjadi di dekat kantor Lurah Limau Manis Selatan yang menimpa satu unit rumah dan RT 02 RW 02 Kapalokoto juga menimpa satu unit rumah.

Di Kecamatan Luki, pohon tumbang terjadi di RT 01 RW 02 Kelurahan Kotolalang dan pohon tumbang satu unit rumah. Kemudian di Kecamatan Kuranji, pohon tumbang terjadi di Kompleks Merah Putih RT 05 RW 06 Kelurahan Koronggadang menimpa satu unit rumah.

“Lokasi lainnya di Kecamatan Kuranji terjadi di Lubuklintah yang menimpa satu unit rumah dan di Perumahan Bukit Gading RT 06 RW 06 yang menghambat akses jalan,” jelas Sutan.

Pohon tumbang juga terjadi di Kecamatan Bungtekab yakni di RT 02 RW 01 Teluk Kabung Selatan yang menimpa rumah warga dan di Cindakir Gunung Kelurahan Teluk Kabung Utara dan juga menimpa rumah warga.

Baca Juga:  Innova Ringsek Tertabrak Kereta Api

Sementara di Kecamatan Kototangah, pohon tumbang terjadi di 4 kelurahan yakni di RT 04 RW 07 Simpang 4 Pasirjambak, Bandar Bekali Linggar Jati RT 02 RW 02 dimana pohon tumbang menghambat akses jalan.

“Lalu pohon tumbang terjadi di Bypass KM 21 RT 02 RW 05 Kelurahan Batipuhpanjang yang menimpa rumah warga dan di Kandang Asam Kelurahan Padangsarai,” ujarnya.

Pohon tumbang lainnya terjadi di Kecamatan Padang Selatan yakni di RT 02 RW 04 Kelurahan Seberangpalinggam, RT 03 RW 15 Kelurahan Mataair, RT 01 RW 13 Kelurahan Rawang yang masing-masing menimpa rumah warga.

Terakhir pohon tumbang terjadi di Kecamatan Padang Barat yakni di Jalan Durian Kelurahan Ujunggurun dimana pohon tumbang menimpa kabel listrik di sana. Sementara angin puting beliung yang merusak rumah warga terjadi di Cindakir Gunung Kelurahan Teluk Kabung Utara.

Sutan menyampaikan, BPBD Kota Padang mengerahkan sebanyak tiga tim untuk membersihkan material pohon tumbang tersebut. Hingga pukul 16.42, penanganan material pohon tumbang telah berjalan 50 persen.

“Karena lebih banyak yang menimpa rumah Namun, saat ini (kemarin, red) tim di lapangan masih berupaya untuk membersihkan material pohon tumbang itu,” ucapnya.

Dia mengakui, tim yang dikerahkan mengalami kesulitan terutama dalam membersihkan pohon tumbang menimpa kabel listrik. Pasalnya, mesti menunggu pihak PLN terlebih dahulu untuk mengamankan arus listrik.

“Jadi pembersihan memakan waktu yang cukup lama. Kalau dikerjakan langsung dikhawatirkan akan berdampak pada personel yang kita kerahkan ke lokasi tersebut,” ucapnya.

Lebih lanjut Sutan mengimbau kepada masyarakat terutama yang beraktivitas di luar rumah agar lebih ekstra hati-hati saat terjadi hujan disertai angin kencang.

“Jika hujan disertai angin kencang kalau dapat berlindung sementara di lokasi yang aman. Jangan berada di bawah pohon dan kendaraan juga jangan parkir di bawah pohon,” imbaunya. (a/i)

Previous articleJelang Ramadan, Pemerintah Diminta Jamin Harga Kebutuhan Pokok Stabil
Next articleKPP Tolak Impor Komoditas Pangan