3 Pemuda Kedapatan Kantongi Narkoba

61
ilustrasi. (JawaPos.com)

Satuan Narkoba Polres Bukittinggi kembali mengamankan terduga penyalahgunaan narkotika. Kali ini, sebanyak tiga pemuda berhasil diringkus di dua lokasi. Yakni, dua pemuda berinisial DP dan RY diciduk di kawasan Bukit Apit, Bukittinggi.

Lalu, seorang pemuda berinisial MA di salah satu kos-kosan kawasan Manggisganting.
RY yang berusia 21 tahun, tercatat sebagai warga Manggisganting. Sedangkan rekannya DP, 25, tinggal di Ampanggadang.

Lalu MA, 24, diketahui berdomisili di Kapehpanji. Dari ketiganya, polisi menyita belasan paket narkoba jenis sabu-sabu dan ganja, serta puluhan butir pil ekstasi. Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara menyebutkan bahwa operasi penangkapan terhadap tiga pelaku itu berlangsung pada Senin (23/11) malam.

Mereka diamankan setelah kedapatan menyimpan narkoba dari hasil penyelidikan tim opsnal di lapangan. ”Kami terus bergerak secara massif memberantas penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Bukittinggi. Hasilnya, semalam tiga orang eks-pelajar berhasil diringkus usai kedapatan menyimpan barang terlarang ini,” kata Dody didampingi Kasat Narkoba AKP Aleyxi Aubedillah, Selasa (24/11).

Tim opsnal kali pertama meringkus pelaku RY dan DP di kawasan Bukit Apit sekitar pukul 21.00. Ketika itu, RY sedang mengendarai motornya sembari mendorong motor milik DP yang sedang dalam kondisi rusak. Petugas pun langsung mencegat mereka.

Baca Juga:  Andre Rosiade Bantu Bangun Jembatan untuk SMP Al Falah Bukittinggi

Saat dilakukan penggeledahan, lanjutnya, petugas menemukan empat paket kecil sabu-sabu di saku celana RY, serta 10 butir pil ekstasi warna pink tersimpan dalam bungkus rokok yang diambil petugas dari saku bajunya. ”Sedangkan dari pelaku DP, ditemukan satu paket sabu-sabu yang disimpan di balik casing HP-nya,” katanya.

Kemudian, imbuhnya, tim opsnal melakukan pengembangan dengan melakukan penggeledahan di rumah kos pelaku RY di kawasan Manggisganting. Di sana, tim mengamankan MA yang kedapatan memiliki setumpuk daun ganja kering siap pakai dalam kantong celananya saat digeledah.

Ditegaskannya, kasus itu masih dalam penyelidikan. Tujuannya, untuk mengorek keterangan dari pelaku tentang asal muasal narkotika yang dimiliki dan jaringan peredarannya.

Menurut dia, saat ini ketiga tersangka sudah meringkuk di sel tahanan Mapolres Bukittinggi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Terhadap RY dan DP terancam dijerat Pasal 114 jo 112 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009. Sedangkan MA terancam Pasal 114 jo 111 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Penyalahgunaan Narkotika. (p)

Previous articleHarga TBS Sawit Mulai Naik
Next articleBranding Kota Rendang jadi Pro-Kontra