Meski Covid-19, Zataka Express Tetap Jalan dan Melayani Pelanggan

Annual meeting antara cabang dan manajemen pusat PT Zataka Expressindo Utama tahun 2018 lalu. (IST)

Masih terus berlangsungnya penyebaran virus korona (Covid-19) dan cenderung hampir merata di seluruh negara di dunia, sangat terasa mempengaruhi berbagai sendi kehidupan dari berbagai segi dan lini, termasuk juga menghantam sendi-sendi dasar perekonomian rakyat dan negara. Tetapi seperti yang dikatakan pemerintah, bidang usaha logistik dan pangan, tetap harus berjalan normal, terutama barang-barang farmasi dan yang ada hubungannya dengan penanggulangan Covid-19.

Zataka Express, sebagai perusahaan jasa pengiriman dan logistik yang bernaung di bawah Asosiasi Perusahaan Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) dan Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN), dalam kondisi sekarang tetap melakukan pergerakan dan layanan seperti biasa.

Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika, memberikan rekomendasi kepada Zataka Express untuk mengakses seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia guna mendistribusikan barang-barang pelanggan yang meliputi surat, paket, dan logistik, utamanya barang-barang farmasi yang ada kaitannya dengan kebutuhan pencegahan penyebaran pandemi virus korona.

“Kami sangat menyadari peran perusahaan distribusi dan logistik pada kondisi sekarang sangat dibutuhkan demi ketersediaan obat-obatan, sarana kesehatan dan pangan. Oleh sebab itu kami tetap jalan terus beroperasi seperti biasa, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan melakukan social/ physical distancing (menjaga jarak) dalam bekerja,” ungkap Direktur yang juga owner Zataka Express, Riza Yulfi, di ruang kerjanya, Senin (6/4).

Melihat tren pengiriman per awal April 2020 ini, terjadi peningkatan pada pengiriman barang farmasi, alat kesehatan dan bahan pangan/ sembako, dan kecenderungan penurunan pada pengiriman barang-barang umum dan bersifat sekunder.
Zataka Express yang mempunyai kantor cabang di beberapa kota di Indonesia, sangat serius memperingatkan karyawannya terhadap pelaksanaan protokol kesehatan, serta menyuplai secara berkala kebutuhan vitamin dan protein yang diatur manager personalia.

Dengan demikian diharapkan karyawan tetap sehat dan bugar, serta bisa melayani customer (pelanggan) secara
maksimal dan aman. Armada juga dicuci bersih dan disemprot disinfektan selesai beroperasi. “Sama seperti banyak bidang profesi lain, kami dalam bekerja juga mempunyai motto terkait Covid-19 yakni ‘Tetaplah Anda Berada di Rumah, Biarkan Kami Bekerja Mengantarkan dan Menjemput Barang Anda’,” jelas Riza sembari berharap pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan perkonomian pulih kembali.

Dalam pergerakannya Zataka Express membagi dalam dua divisi, yaitu Divisi Jasa Pengiriman dan Divisi Jasa Angkutan/ Pindahan. Divisi Jasa Pengiriman menitikberatkan pada pengiriman retail reguler, online shop, pengiriman udara dan pengiriman berbagai jenis barang lainnya. Sedangkan Divisi Jasa Angkutan dan Pindahan lebih dominan melayani dropping, trucking/ carter armada, pindahan (kost, rumah tangga, kantor, gudang, pabrik, dan lain-lain), pengiriman barang berat dan alat berat serta pengiriman kendaraan, dan lain sebagainya.

“Kami sangat konsen terhadap customer. Jika ada yang merasa dirugikan atau tidak maksimal dilayani, nomor layanan komplain dan klaim kami selalu siap menerima kritik dan saran, serta kecepatan penanganan klaim menjadi prioritas bagi kami. Jika ada kesulitan mencari atau mendapatkan informasi, customer atau calon customer pun bisa mengakses di berbagai media sosial atau di website www.zatakagroup.id atau www.zatakagroup.com,” papar Riza. (*)