Ditengah Pandemi Covid-19, Wako Pariaman Pastikan Stok Beras Aman

Walikota Pariaman Genius Umar panen padi di Desa Sungai Sirah, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Selasa (7/4). (IST)

Di sela-sela kegiatannya memonitoring pembagian bantuan beras dari Pemeritah Kota Pariaman kepada warga yang terkena dampak pandemi Covid-19, Walikota Pariaman, Genius Umar ikut memanen padi bersama petani di salah satu sawah di Desa Sungai Sirah, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Selasa (7/4).

Wako menyatakan, stok beras di Kota Pariaman aman dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga selama beberapa bulan ke depan.

Genius menyebut, setiap tahun produksi beras di Kota Pariaman selalu surplus. Dari total penduduk Kota Pariaman yang berjumlah 93 ribu jiwa, kurang lebih beras konsumsi adalah sekitar 98 kilogram per jiwa.

Dari luas sawah di Kota Pariaman 1.785 hektare, katanya, jumlah produksi gabah kering panen (GKP) tahun 2019 mencapai 24.021 ton, gabah kering giling (GKG) sebanyak 20.663 ton dan beras sebanyak 13.228 ton.

Ia mengatakan, Pemko Pariaman selalu melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk tetap menggarap sawahnya sesuai dengan musim tanam yang turun. “Kita selalu memacu agar petani langsung mengolah sawahnya untuk tanam padi kedua,” jelasnya.

Saat ini katanya, dari empat kecamatan di Kota Pariaman lebih kurang 50 persen sawah sudah panen. Kendalanya hanya di Kecamatan Pariaman Selatan yang baru sebagian yang panen dan sebagian lagi usia padinya masih 2,5 bulan dikarenakan musim penghujan. “Untuk ketersedian pupuk bersubsidi cukup sampai bulan Agustus hingga September. Kemudian untuk bibit dan benih juga mencukupi dan bahkan kita bisa menjualnya keluar daerah,” sebutnya.

Dalam penanganan Covid-19 saat ini, sambungnya, Pemko Pariaman juga telah menyiapkan bantuan berupa bibit tanaman pekarangan seperti bibit bayam, kangkung, kacang panjang dan polibek untuk diberikan kepada 300 kepala keluarga. “Insya Allah dalam minggu ini bibit tersebut akan kita serahkan langsung kepada penerima bantuan,” imbuhnya. (*)