Pemko Pariaman Imbau Hotel Laporkan Tamunya yang Terindikasi Covid-19

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Alfian. (IST)

Pemerintah Kota Pariaman mengajak pengusaha hotel di Kota Pariaman untuk ikut dalam penanggulangan pandemi Covid-19 terutama dalam hal penerimaan tamu.

“Kita mengajak pemilik hotel agar ikut berperan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dan memutus rantai penyebaran serta menyikapi langkah-langkah antisipasi kepulangan perantau ke Kota Pariaman,” ungkap Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Alfian, pada Rapat Koordinasi Perumusan Langkah-Langkah Antisipasi Kepulangan Perantau, Senin (13/4) di ruang rapat Sekdako Pariaman yang dihadiri pengusaha hotel se-Kota Pariaman beserta tim Satgas Penanganan Virus Covid-19 Kota Pariaman.

Lebih lanjut, Alfian mengatakan Dinas Kesehatan akan menyiapkan surat edaran bagaimana protokol penanganan tamu di hotel. Dan diharapkan pengelola hotel dapat menginformasikan ke petugas kesehatan jika ada tamu yang akan menginap di hotel tersebut.

“Kita meminta kepada pengusaha hotel agar memantau tamu yang ada. Jika ada gejala yang mengarah Covid-19, segera informasikan ke pemerintah melalui Dinas Kesehatan,” katanya.

Alfian berharap hotel-hotel ini tetap terisi sehingga pengusaha hotel bisa menutupi biaya operasionalnya, tentu dengan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Menurutnya, penanganan penyebaran Covid-19 ini harus tetap dilakukan, dengan syarat antara pengusaha hotel dengan dinas kesehatan harus sinkron dan saling koordinasi. “Sesuai anjuran Pemerintah Kota Pariaman untuk melakukan sosial distancing dan berada di rumah. Kita sampaikan kepada masyarakat untuk menunda niatnya berwisata karena tempat wisata sementara waktu kita tutup sampai keadaan betul-betul membaik,” pungkasnya. (*)