PPID Utama Kota Pariaman Ikuti FGD Online terkait Pandemi Covid-19

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kota Pariaman bersama PPID se Provinsi Sumatera Barat mengikuti Online Focus Group Discussion (FGD).

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kota Pariaman bersama PPID se-Provinsi Sumatera Barat mengikuti Online Focus Group Discussion (FGD) yang digelar oleh Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar, hari ini (14/5). FGD online melalui video confrence tersebut mengangkat tema “Refleksi Keterbukaan Informasi Publik Sumbar di masa Pandemi“.

Dalam FDG tersebut PPID Kota Pariaman diwakili oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Kota Pariaman, Eka Putra Pernanda. Ia menyampaikan segala sesuatu yang telah dilakukan oleh Pemko Pariaman dalam hal penyebarluasan infomasi publik tentang Covid-19 kepada masyarakat.

Pertama melalui website resmi Pemerintah Kota Pariaman (pariamankota.go.id), website khusus Covid-19 (www.corona.pariamankota.go.id) dan media sosial seperti instagram dan facebook Media Center Kota Pariaman. Kemudian, menyiapkan sebuah ruangan khusus sebagai pusat informasi Covid-19. Selain itu memberdayakan mobil keliling MCAP (Mobile Community Access Point) yang menginfomasikan tentang himbauan dan sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19, serta sosialisasi penerapan PSBB untuk Kota Pariaman dan Provinsi Sumatera Barat.

Disamping itu, lanjut Eka, pihaknya juga mensosialisasikan informasi tentang Covid-19 melalui radio-radio yang ada di Kota Pariaman. “Kita juga membuat poster, baliho, leafleat tentang himbauan dan juga pencegahan penyebaran virus Covid-19. Kemudian kita juga membentuk tim peliput khusus Covid-19 yang beranggotakan wartawan mitra Pemko Pariaman“, imbuhnya.

“Kita juga memfasilitasi pelaksanaan vidcon untuk koordinasi penanggulangan dan pencegahan covid-19 dengan seluruh camat hingga desa dan kelurahan,” tambah pria yang merupakan mantan Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Pariaman ini.

Kita berharap dengan FGD ini kita dapat melihat sejauh mana sosialisasi penanganan Covid-19 yang telah dilakukan oleh PPID di daerah lain, dan untuk mengambil contoh langkah – langkah apa yang telah dibuat oleh daerah tersebut sebagai bahan acuan untuk memutus rantai penyebaran pandemi covid-19 ini. (Erwin)