Kini Surat Menyurat di Pemkab Dharmasraya lewat Online

Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Persuratan Elektronik (Simpel), di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya. (IST)

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dharmasraya menggelar Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Persuratan Elektronik (Simpel), di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (16/03). Kegiatan ini diikuti aparatur sipil negara (ASN) yang menangani administrasi surat menyurat di masing-masing perangkat daerah.

Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Dharmasraya, Reno Lazuardi, saat membuka secara resmi Bimtek tersebut memaparkan, aplikasi Simpel merupakan aplikasi yang mendigitalisasi sistem keluar masuk surat yang sebelumnya dilakukan secara manual. “Caranya, alurnya, tetap sama. Hanya saja dialihkan ke aplikasi berbasis online,” terang Reno.

Sehingga, menurut Reno, hal ini dapat mempercepat sistem keluar masuk surat di setiap perangkat daerah yang ada. “Karena berbasis online, pejabat pemerintah pada instansi terkait dapat memberikan persetujuan dan validasi melalui tanda tangan elektronik kapan saja dan dimana saja, tanpa terbatas ruang dan waktu. Jadi memang simpel sekali. Tidak lagi butuh waktu berhari-hari untuk surat menyurat ini. Selain itu, aplikasi Simpel juga dapat meningkatkan efisiensi dalam hal penggunaan kertas,” tegasnya.

Reno menjelaskan, untuk saat ini penerapan aplikasi Simpel akan diuji coba di dua perangkat daerah dulu, yakni di Dinas Kominfo dan Dinas PMPTSP. Jika di dua dinas ini sudah berjalan dengan baik dan mantap, baru kemudian dilanjutkan ke perangkat daerah lainnya. “Setelah ini, kita juga akan coba terapkan SPJ online. Sekarang sedang dirancang. Kita akan terus berbenah dan bertransformasi, untuk mewujudkan Dharmasraya menjadi kabupaten digital,” pungkasnya. (*)