Kontak dengan Pasien Positif, Warga Diminta Melapor

Walikota Pariaman, Genius Umar. (IST)

Warga Kota Pariaman sempat berinteraksi dengan warga yang positif korona diminta jujur melapor ke puskesmas terdekat. Hingga saat ini berdasar penelusuran Dinas Kesehatan Pariaman ada 40 orang yang sempat berinteraksi dengan C, warga Pariaman positif Covid-19.

“Saya memohon kepada seluruh masyarakat pernah atau sudah berinteraksi langsung dengan pasien untuk bisa melaporkan dirinya langsung ke petugas kesehatan. Ini demi kita semua. Positif Covid-19 bukan sebuah aib namun ini suatu penyakit yang harus diobati dan bisa sembuh,” pinta Wali Kota Pariaman Genius Umar saat dihubungi Padang Ekspres kemarin (16/4).

Pasca-dinyatakan satu warga Kota Pariaman positif Covid-19, sebut Genius, Pemko Pariaman sampai saat terus melakukan penelusuran dengan siapa pasien itu berinteraksi. Baik itu setelah isolasi mandiri yang dilakukan pasien.

Dari hasil penelusuran sampai saat ini informasi dari C, ia pernah mengunjungi RSUD Pariaman. Yang berinteraksi dengannya saat itu, kini sudah menjalani isolasi mandiri. Begitu juga saat C berinteraksi dan duduk di warung, yang berinteraksi dengannya saat ini juga menjalani isolasi mandiri.

Termasuk warga berinteraksi dengannya di Puskesmas Naras juga sudah isolasi mandiri. “Nah, mungkin ada yang belum terpantau, saya memohon dengan untuk bersedia melaporkan dirinya masing-masing ke petugas kesehatan agar dilakukan cek berkala,” pintanya.

Ia berharap semua masyarakat di Kota Pariaman saling membantu untuk memutus rantai perkembangan Covid-19 dengan cara yang telah dianjurkan Pemko Pariaman.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang warga Pariaman positif Covid-19. Warga Pariaman Utara tersebut sehari-hari bekerja sebagai petugas brankas di RSUD Pariaman. Ia sempat kontak dengan T, pasien asal Padangpariaman yang sempat menjalani perawatan di RSUD Pariaman.

Hingga saat ini sudah ada 40 orang terpantau sempat berinteraksi dengan C. Seluruhnya saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah mereka masing-masing. Sementara C dibawa ke pusat karantina Covid-19 di Bapelkes Gunung Pangilun Padang. Kondisi C baik dan termasuk orang tanpa gejala. (nia)