Andre: Mendag Lutfi Kunjungi Pasar Raya Fase VII Padang & Pasar Bawah

23

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dijadwalkan melakukan kunjungan ke Sumbar. Mendag ingin memastikan lokasi rencana rehabilitasi Pasar Fase VII Pasar Raya Padang dan revitalisasi Pasar Bawah Bukittinggi, seperti yang diusulkan anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade.

Apalagi, pada pertemuan antara Mendag Lutfi, Andre Rosiade dan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar beberapa waktu lalu, dua titik ini secara lisan telah disetujui akan dibangun oleh dana pusat. Bukan dibangun oleh pihak ketiga atau investor yang sejak awal ditentang oleh para pedagang, terutama di Kota Padang.

Andre Rosiade yang juga ketua DPD Partai Gerindra Sumbar menyebutkan, pekan lalu Menteri telah memastikan kedatangannya, dan ingin melihat langsung kondisi dua pasar itu. Bangunan pasar yang disebut-sebut sudah tidak layak lagi beroperasi dan harus segera dimodernisasi.

“Pak Mendag akan menepati janjinya berkunjung ke Sumbar jelang Ramadhan ini. Tak tanggung-tanggung, dia langsung meminta melihat dua titik pasar yang insya Allah akan dibangun oleh APBD pada tahun 2022. Bahkan, Mendag meminta Pemko Padang dan Pemko Bukittinggi menyiapkan DED (detail engineering design) atau rancangan bangunan,” kata Andre yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre mengatakan, awalnya, usulan rehabilitasi Pasar Fase VII ini dari pedagang yang tak ingin dibangun oleh investor. Karena, akan membahayakan dan merugikan mereka yang sudah puluhan tahun berusaha di lokasi itu.

Baca Juga:  Beri Teladan Transparansi, KI Sumbar Buka Dokumen Anggaran ke Publik

Untuk percepatan pembangunan, kata Andre, dia juga telah bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Menteri Basuki mendukung penuh rencana itu. Bahkan, Tim Kementrian PUPR bersama Kemendag juga telah turun ke lokasi Fase VII dan Pasar Bawah pada 17 Maret 2021 lalu.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar sangat menanti revitalisasi pasar “legend” di Bukittinggi itu. Apalagi, kondisinya sudah tidak layak huni, suka tergenang air karena posisinya berada di bawah saluran air. Dia menyebutkan, setidaknya, revitalisasi pasar membutuhkan dana Rp400 miliar yang hanya bisa dibangun oleh pemerintah pusat.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Padang Andree Algamar menyambut penuh kedatangan Menteri Lutfi berkunjung ke Padang. Dia melihat, pembangunan Fase VII memang hanya bisa dimaksimalkan dengan dana pusat. Karena biayanya mencapai ratusan miliar Rupiah.

Ketua Kesatuan Pedagang Pasar (KPP) Padang H Asril Manan mengaku lega dengan rencana pembangunan Fase VII oleh pemerintah pusat. Artinya ketakutan pedagang dengan masuknya investor sedikit sirna dan sangat menunggu aksi nyata dari pusat.

“Kami sudah dengar kabar dari pak Andre Rosiade kalau pak Menteri betul yang datang. Dari Dirjen Perdagangan Dalam Negeri juga sudah menghubungi dan ingin berdialog langsung dengan pedagang. Kami berterima kasih atas kerja nyata pak Andre Rosiade agar pasar ini dibangun,” kata Asril Manan. (*)

Previous articlePariyanto: Pemberian Vaksin untuk Beri Rasa Aman bagi Masyarakat
Next articleSembari Berwisata, WCI Regional Riau Berdonasi di Tanahdatar dan Agam