Avatar Rebut Kembali Takhta Box Office

Film Avatar. (20th Century Fox)

Thanos memang tidak berhasil mengalahkan Avengers, tapi Avatar bisa. Tentu saja bukan di pertarungan dalam layar, melainkan di box office. Avatar (2009) berhasil merebut kembali status sebagai film berpendapatan tertinggi sepanjang masa dari Avengers: Endgame (2019).

Pada 2019, Endgame menggantikan posisi Avatar sebagai film berpendapatan tertinggi. Nah, pekan lalu, Avatar kembali dirilis di Tiongkok yang merupakan salah satu pasar film terbesar dunia. Film garapan James Cameron itu mendapat tambahan USD 3,5 juta (Rp 50,3 miliar), menempati nomor satu di sana.

Avatar kali pertama dirilis di Tiongkok pada awal 2010. Bahkan, sebelum menyentuh pasar lebih luas, Avatar mengantongi USD 203 juta (Rp 2,9 triliun) dari Tiongkok saja kala itu.
Dengan total pendapatan yang kini mencapai USD 2,8 miliar (Rp 40,3 triliun), maka Avatar kembali mendapatkan mahkotanya.

Endgame kalah dengan pendapatan yang “hanya” USD 2,79 miliar (Rp 40,1 triliun). “Kami bangga dengan capaian luar biasa ini. Tapi, Jim (Cameron) dan aku sangat senang bahwa film itu kembali tayang di bioskop selama masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini,” kata produser Avatar, Jon Landau, sebagaimana dilansir dari Entertainment Weekly.

Landau juga berterima kasih kepada para penggemar di Tiongkok. ”Kami sedang bekerja keras untuk film Avatar berikutnya dan berharap bisa berbagi kelanjutan cerita epik ini untuk tahun-tahun mendatang,” tambahnya.

Dua film itu sama-sama berada dalam naungan Disney setelah akuisisi Fox pada 20 Maret 2019. Marvel Studios memberikan ucapan selamat kepada Avatar melalui Twitter Minggu (14/3). “Selamat @JimCameron, @JonLandau, dan seluruh bangsa Na’vi karena telah merebut kembali mahkota box office! Kami mencintaimu 3000,” cuitnya.

Baca Juga:  Buka Peluang Talenta-talenta Baru, Resso Adakan Coaching Clinic

Sutradara Endgame, Anthony dan Joe Russo, juga memberikan ucapan selamat dengan mengunggah logo Avengers yang digabungkan dengan logo Avatar. Gambar tersebut merupakan karya fan artist Bosslogic. ”Mengembalikan gauntlet kepadamu,” cuitnya.

Saat ini Cameron fokus melanjutkan sekuel Avatar. Avatar 2 telah rampung. Sementara itu, Avatar 3 masih 95 persen pada September 2020. Kisah bangsa Na’vi bakal terus berlanjut hingga Avatar 5. Setelah beberapa kali delay, Cameron mengatakan bahwa Avatar 2 akan dirilis pada 22 Desember 2022. Beberapa cast inti bakal kembali di sekuel.

Misalnya, Zoe Saldana, pemeran Neytiri. Juga, Sam Worthington yang memerankan karakter Jake Sully. Dari plot cerita, sekuel tersebut membahas tema kekeluargaan dan penjara. Landau juga menyebutkan bahwa tiap sekuel bisa berdiri sendiri.

”Anda tidak perlu melihat Avatar pertama untuk melihat Avatar 2. Itu ada di sana dan kami akan membawa orang-orang dalam perjalanan visual dan emosional yang sampai pada kesimpulannya sendiri,” paparnya pada Februari 2019, sebagaimana dilansir dari Collider.

Di sisi lain, Cameron berjanji sekuel itu akan memukau lewat visualnya. Petualangan tidak hanya terjadi di hutan Pandora, tapi juga di dalam air dan gunung berapi. Untuk itu, Avatar 2 menggunakan teknologi motion capture. (adn/c18/ayi/jpg)

Previous articleAkibat Banjir, Cabai Merah Jawa Langka
Next articleBuronan Curanmor Berhasil Diringkus