WNA Asal Irlandia Positif Covid-19

97
(Foto: IST)

Sempat mengeluhkan hidung tersumbat sejak tiga minggu lalu, seorang warga negara asing (WNA) asal Dublin, Irlandia yang sedang menetap di Padang, dinyatakan positif virus korona (Covid-19), Minggu (31/5/2020).

Selama berada di Padang sejak Kamis (23/4) lalu, pria berinisial MC, 49, sudah menginap di sejumlah homestay dan hotel.

Kini, dirawat di Semen Padang Hospital (SPH). “Ia mulai dirawat di SPH pada hari Minggu 31 Mei lalu,” jelas Direktur Utama (Dirut) SPH, Farhaan Abdullah saat dihubungi Padang Ekspres, kemarin (1/6).

Sebelumnya, MC melakukan pemeriksaan swab mandiri di SPH Padang, Sabtu (30/5) lalu. Selain hidung tersumbat, dia juga merasakan nyeri di bagian dada, dan gejala sesak nafas ringan. Farhaan menyebutkan, hasil swab dari MCkeluar pada Minggu (31/5/2020) sore.

Di mana berdasarkan pemeriksaan Laboratorium FK Unand, WNA tersebut dinyatakan terinfeksi virus Covid-19. “Oleh pihak puskemas, WNA itu dibawa ke SPH untuk penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Farhaan menyampaikan, sebelum tiba di adang, WNA tersebut terlebih dahulu mengunjungi Kota Medan, Sumut.

“WNA ini awalnya dari Negara Kamboja, kemudian tiba di Kota Medan pada tanggal 18 sampai 23 April 2020 lalu,” jelasnya.

Selepas itu, tambah Farhan, dia menuju Padang menggunakan pesawat terbang tanggal 23 April dan menginap di salah satu homestay di Padang.

“Kebetulan WNA ini melakukan perjalanan ke Padang sendirian. Ia sempat menginap di salah satu homestay, kemudian pindah ke homestay lain di Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab) sampai tanggal 7 Mei,” ungkap Farhaan.

Usai menginap di beberapa homestay di Kecamatan Bungtekab, kemudian WNA tersebut menginap lagi di sejumlah hotel di pusat Padang sampai 20 Mei 2020.

Nah, tanggal 28 Mei WNA tersebut merasakan gejala hidung tersumbat. Menurut pengakuannya, gejala itu telah dirasakan selama 3 minggu terakhir.

“Menurut penuturannya, dia pernah melakukan aktivitas menyelam. Dia mengobati hidung tersumbatnya secara mandiri saja,” jelasnya. Keesokan harinya tanggal 29 Mei, gejala sakit yang dirasakannya semakin bertambah. Di antaranya, rasa nyeri di bagian dada dan mengalami gejala sesak nafas ringan.

Barulah, kata Farhaan, tanggal 30 Mei dia berinisiatif melakukan pemeriksaan swab secara mandiri di SPH untuk mengetahui apakah ia terinfeksi virus Covid-19 atau tidak.

“Selain itu, ia ingin memenuhi syarat kesehatan untuk melakukan perjalanan ke Jakarta dan pulang ke negaranya di Irlandia melalui tes swab tersebut,” ujarnya.

Tanggal 31 Mei, menurut Farhaan, hasil dari sampel swab WNA tersebut keluar dan dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19. Oleh pihak puskemas, WNA dibawa ke SPH untuk penanganan lebih lanjut.

“Saat ini kondisinya sudah mulai membaik. Gejala sakit yang dialami beberapa hari lalu sudah berangsur membaik. Namun, kami terus memantau perkembangannya,” tukas Farhaan.

Terpisah, Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, WNA asal Dublin, Irlandia tersebut satu dari 15 orang yang dinyatakan positif Covid-19 tanggal 31 Mei lalu.

Terkait penginapan yang pernah dikunjungi WNA tersebut, Jasman menyampaikan, pihak hotel sudah melakukan penyemprotan cairan desinfektan secara mandiri sesuai protap Covid-19.

“Kan seluruh hotel dan penginapan di Sumbar dan Padang telah melaksanakan protap Covid-19 di tempat mereka masing-masing. Jadi, tentu telah dilakukan penyemprotan tersebut,” ujarnya. (a)