Tingkatkan Kemampuan, Guru Sawahlunto Siap Menulis!

3
BANGUN KOMUNIKASI: Wali Kota Sawahlunto Deri Asta (dua dari kiri) saat menerima kunjungan Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Rommi Delfiano (dua dari kanan) bersama Manager Sirkulasi Dicky Junaidi (kiri) dan Koordinator Liputan Eka Rianto (kanan) di ruang kerjanya, Senin (1/8).(IST)

Guru dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi. Salah satunya dengan meningkatkan kemampuan literasi. Termasuk menulis atau berkarya melalui media massa.

Hal ini disampaikan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta saat menerima kunjungan Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Rommi Delfiano bersama Manajer Sirkulasi Dicky Junaidi, dan Koordinator Liputan Eka Rianto di ruang kerjanya, Senin (1/8).

Deri menyampaikan pihaknya terus mendorong agar guru bisa melakukan peningkatan kompetensi dari berbagai bidang. Apalagi dewasa ini kemajuan teknologi membuat perubahan pada pola pendidikan.

Selain kemampuan dalam mengajar dan mendidik, sambungnya, peningkatan literasi perlu ditingkatkan guru khususnya di Kota Sawahlunto. Pentingnya literasi bagi guru diyakini akan mengubah pola pendidikan di sekolah.

”Guru di Sawahlunto khususnya tingkat PAUD hingga SMP kita beri ruang untuk berkarya. Termasuk dalam bidang literasi yang saat ini terus berkembang,” katanya. Deri Asta menyampaikan gerakan literasi merupakan gerakan yang bertujuan untuk memupuk kebiasaan dan motivasi membaca dan menulis.

Ini untuk menumbuhkan budi pekerti melalui buku bacaan. Melalui literasi, diharapkan mampu menjadi dasar utama dalam mewujudkan bangsa yang berpengetahuan dan berbudaya.

”Kita dorong agar terus menambah pengetahuan dalam literasi,” katanya. Adanya Laman Guru yang dibuka Padang Ekspres, mendapat apresiasi dari Deri Asta. Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Baca Juga:  Dharmasraya Bebas Area Blank Spot: Ada Wifi Via Satelit, Akses Cuma 100 M

”Kepedulian Padang Ekspres dalam memberi ruang pada guru untuk menulis dan berkarya adalah langkah mulia. Banyak guru ingin berbagi pengalaman mendidik selama ini melalui media massa. Guru di Sawahlunto siap mengisi Laman Guru Padang Ekspres,” katanya.

Deri juga menyebutkan kemampuan menulis ini juga mesti menjadi motivasi bagi kalangan pendidik dan guru. Dengan terbitnya tulisan guru-guru di Sawahlunto di Padang Ekspres, diharapkan bisa dibaca oleh kalagan guru dan siswa di Sawahlunto bahkan Sumbar.

”Menulis dulu, mulai dari pengalaman mengajar. Berbagilah pengalaman itu,” katanya. Pemred Padang Ekspres Romi Delfiano menyampaikan, kalau Laman Guru Padang Ekspres bertujuan memberi ruang para guru dalam menulis. Apalagi selama ini banyak keinginan guru yang ingin menyalurkan tulisannya.

Rommi menyampaikan kesempatan yang sama diberikan pada seluruh dan tenaga pendidikan di Sumbar. ”Laman Guru ini memang sudah jalan di sejumlah daerah. Guru begitu antusias dalam mengisinya. Nah, sekarang di Sawahlunto kita berikan kesempatan dalam mengisi ruang kreativitas itu,” tukasnya. (eko)