Wako Beli Sembako Pedagang untuk 3.300 Warga Terdampak Korona

Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran kunjungi pedagang Pasar Pusat Padangpanjang dan membeli sembako, Kamis (2/4). (Foto: Diskominfo)

Untuk merespons keluhan pedagang di Pasar Pusat Padangpanjang yang mengalami penurunan penjualan drastis sejak merebaknya pandemi virus korona (Covid-19) di Indonesia, Wali Kota Padangpanjang kunjungi pedagang.

Pada masa pandemi ini, masyarakat memang diminta tidak beraktivitas di luar rumah, kecuali sangat mendesak. Kondisi tersebut membuat pasar menjadi sepi pembeli. Ini berdampak pada anjloknya pendapatan pedagang.

Selain menemui pedagang dengan tetap berjarak fisik, Fadly belanja bahan kebutuhan pokok yang dikemas menjadi 3.300 paket untuk didistribusikan kepada masyarakat tak mampu dan yang terdampak ekonominya akibat Covid-19.

“Ini Gerakan Padangpanjang Peduli. Sumber dananya berasal dari infak wali kota, wakil wali kota dan aparatur sipil negara (ASN) Kota Padangpanjang serta didukung dana zakat Baznas Padangpanjang. Singkatnya, dari awak untuak awak,” kata Fadly.

Bahan yang dibeli itu dipaket jadi sembako dan didistribusikan pada Jumat (3/4) dan Sabtu (4/4) melalui kelurahan-kelurahan dengan memanfaatkan jasa dari PSM, pendamping PKH dan relawan lainnya.

Fadly mengimbau masyarakat agar bahu-membahu menghadapi musibah Covid-19 yang sedang melanda daerah dan bangsa ini. Dia minta masyarakat untuk mengikuti seluruh arahan pemerintah.

“Mari menjaga kebersihan, berdiam di rumah, tidak mendekati kerumunan. Sedangkan aktivitas di pasar diharapkan tetap berjalan sesuai batas yang ditentukan, dengan mengimbau seluruh pelaku pasar melaksanakan protokol antisipasi Covid-19 dalam bertransaksi,” ujarnya.

Sekko Padangpanjang Sonny Budaya Putra menambahkan, di samping bantuan ASN dan Baznas, Pemko juga segera mendatangkan cadangan beras Builog yang menjadi jatah Padangpanjang.

“Beras cadangan ini juga akan didistribusikan dengan prioritas untuk membantu memenuhi kebutuhan makanan pokok masyarakat yang terdampak parah oleh Covid-19,” katanya didampingi Kabag Perekonomian Putra Dwangga.

Sementara itu salah seorang warga Padangpanjang, Bujang Pangeran mengatakan, dirinya sangat mendukung kebijakan wali kota.

“Saya rasa sudah sangat tepat kebijakan memberi bantuan ini. Saya mendukung,” ujarnya usai berjumpa wali kota di Pasar Padangpanjang.(esg)