Irjen Toni Pamit, Irjen Teddy Minta Masukan

30
PISAH SAMBUT: Mantan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto menyerahkan bendera Pataka Polda Sumbar Setya Bhakti Jaya kepada Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra saat acara Farewell and Welcome Parade, di Halaman Mapolda Sumbar, kemarin (2/9). (Kanan) Irjen Toni Harmanto dan istri dilepas oleh Kapolda Sumbar.(FOTO-FOTO: HUMAS POLDA SUMBAR)

Tradisi farewell and welcome parade (upacara parade perpisahan dan selamat datang) digelar seiring penyambutan Kapolda Sumbar yang baru, di halaman Mapolda Sumbar, kemarin (2/9). Dari Irjen Pol Toni Harmanto kepada Irjen Pol Teddy Minahasa Putra.

Seperti diketahui, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra resmi dilantik menggantikan Irjen Pol Toni Harmanto menjadi Kapolda Sumbar, di Rupattama Mabes Polri, Selasa (31/8) lalu. Irjen Teddy dilantik bersama dengan perwira tinggi lainnya sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1701/VIII/KEP./2021 tanggal 25 Agustus 2021.

Pada farewell parade tersebut, Irjen Pol Toni Harmanto memimpin bersama apel, sekaligus menyampaikan sambutan secara bergantian, serta ditandai penyerahan bendera Pataka Polda Sumbar Setya Bhakti Jaya dari Kapolda lama ke Kapolda baru.

”Lebih satu tahun saya sebagai Kapolda Sumbar. Terima kasih atas dukungan selama ini. Mohon maaf apabila ada kekurangan selama bertugas di Polda Sumbar,” kata Irjen Pol Toni Harmanto dalam sambutannya.

Ia melanjutkan, penggantinya Irjen Pol Teddy Minahasa Putra adalah sosok Kapolda Sumbar yang memberikan inovasi dan motivasi, serta sosok Polri inovatif. ”Terus bahu-membahu mendukung kebijakan pak Kapolda baru. Jaga harkat, martabat dan harga diri Polda Sumbar,” sebut Toni.

Sementara itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra mengatakan, kepemimpinan Irjen Pol Toni Harmanto semasa menjabat Kapolda Sumbar membawa pengaruh sangat besar.

”Atas kerja keras itulah Polda Sumbar dapat mencapai kemajuan seperti saat ini. Selamat jalan dan selamat bertugas di Polda Sumatera Selatan,” kata Irjen Teddy.

Dia mohon doa restu dari Irjen Pol Toni Harmanto untuk mengemban tugas di Polda Sumbar, dan melanjutkan seluruh karya dan pengabdian yang terbaik yang telah dilakukan sebelumnya.

”Masukan saran ataupun kritik dari Jenderal tentunya tetap saya harapkan dalam perjalanan saya memimpin Polda Sumbar,” ujaranya.

Pada penutup acara, dilakukan tradisi pedang pora yang diawali dengan penyerahan buket, serta Irjen Pol Toni Harmanto beserta istri meninggakan Mapolda Sumbar.

Terpisah, Pengamat Hukum dari Unand Dr Khairul Fahmi menyampaikan, pelayanan hukum pada masyarakat menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh jajaran kepolisian di Sumbar.

Seiring barunya jabatan baru Kapolda Sumbar, dia mengharapkan, hal ini bisa membuat kinerja pihak kepolisian Sumbar semakin baik. Pengayoman yang berjalan selama ini, bisa ditingkatkan lebih baik lagi.

”Berbicara kepolisian berkaitan dengan tugas dan fungsinya di bidang hukum. Pelayanan pada masyarakat perlu terus ditingkatkan. Sehingga, masyarakat merasa aman,” katanya.

Khairul Fahmi berharap, penegakan hukum juga dilakukan dengan baik. Sehingga, bisa mewujudkan profesionalitas anggota kepolisian. Katanya, profesionalitas dalam bekerja akan bisa menumbuhkan kepercayaan hukum.

”Profesional dan tindakan yang sesuai dengan ketentuan berlaku akan membuat rasa percaya masyarakat semakin baik. Nilai-nilai lokal juga perlu menjadi pertimbangan dalam penegakan hukum,” katanya.

Kapolda baru diharapkan bisa membangun instansi kepolisian profesional, melindungi dan mengayomi masyarakat dalam hukum. Untuk pekerjaan rumah, seharusnya penegakan hukum dilaksanakan dengan prinsip hukum berkeadilan. Perilaku angota kepolisian juga harus sesuai dengan ketentuan.

Teddy Minahasa merupakan seorang perwira tinggi Polri yang sejak 25 Agustus 2021. Ia pernah menjabat ajudan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada tahun 2-14. Setelah itu, dia menjabat sebagai Karopaminal Divpropam Polri, Kepala Kepolisian Daerah Banten, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Lampung, Staf Ahli Manajemen Kapolri. (rid)