Tekan Kasus Covid-19, Penyekatan Diperluas Hingga Permukiman Warga

28
Kakorlantas Irjen Istiono.9NET)

Korlantas memiliki terobosan untuk menekan penyebaran Covid-19. Yakni, perluasan penyekatan dan patroli hingga ke permukiman di tingkat rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW). Kebijakan itu akan menurunkan mobilitas masyarakat sekaligus menurunkan angka penyebaran Covid-19.

Kakorlantas Irjen Istiono menuturkan, penyekatan dan patroli yang intensif merupakan cara untuk meningkatkan disiplin warga. Karena itu, penyekatan dan patroli akan diperluas hingga ke pemukiman warga. ”Demi meningkatkan kepatuhan,” paparnya.

Nantinya, penyekatan itu akan dilakukan hingga tingkat RT dan RW. Untuk tempat pemeriksaan akan memanfaatkan pos keamanan keliling (pos kamling). ”Warga keluar masuk dapat dikurangi,” terangnya dalam keterangan tertulisnya kemarin (11/7).

Dalam pemeriksaan itu petugas akan memeriksa surat tanda registrasi pekerja (STRP). Pemeriksaan akan dilakukan dengan ketat sebelum mengizinkan warga untuk melewati pos pemeriksaan. ”Karena sudah ada surat edaran menteri yang mensyaratkan perjalanan orang harus dengan STRP,” tegasnya.


Dia menegaskan, masyarakat yang tidak berkepentingan sebaiknya berada di dalam rumah. Kebijakan ini bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. ”Peran serta masyarakat menjadi kuncinya untuk mensukseskan,” paparnya.

Baca Juga:  Konversi Bank Nagari Ditunda!

Dengan itu, maka memaksimalkan keterlibatan masayrakat sampai ke level mikro diperlukan. Seperti, ormas, karang taruna, dan tenaga pengaman perumahan. Namun, semuanya harus telah memiliki sertifikasi vaksin Covid 19 tahap satu dan dua. ”saya yakin ini akan berhasil,” jelasnya.

Sebelumnya, penyekatan hanya dilakukan di perbatasan provinsi. Baik, jalan tol, jalan arteri bahkan jalan tikus. Namun, penyekatan yang dilakukan sejak 3 Juli tersebut dinilai belum menunjukkan hasil maksimal. Sebab, penyebaran Covid 19 masih menunjukkan peningkatan. (idr)