Puing-puing Pasar Bawah Dibersihkan

5
GOTONG ROYONG: Petugas membersihkan puing-piung kebakaran Pasar Bawah Bukittinggi, kemarin (13/9). Penyebab pasti kebakaran masih dianalisa pihak kepolisian.(IST)

Puluhan personel dari Dinas Pasar, Satpol PP, BPBD, Dinsos, dan Damkar Kota Bukittinggi menyisir Pasar Bawah untuk melakukan pembersihan puing-puing, kemarin (13/9).
Seperti diketahui, Pasar Bawah, Kelurahan Aua Tajungkang Tangah Sawah (ATTS) terbakar, Sabtu (11/9) dini hari lalu.

Lurah ATTS Romario Putra mengatakan, proses pembersihan dapat dilakukan setelah Tim Inafis menyatakan untuk sementara selesai melakukan identifikasi. ”Garis polisi yang membatasi akses ke lokasi kebakaran sudah dibuka, sehingga dapat dilakukan pembersihan oleh pihak terkait.” kata Romario kepada Padang Ekspres di Bukittinggi, kemarin (13/9).

Ia mengatakan, beberapa kedai pedagang, di antaranya kedai bumbu masih diberi garis polisi untuk kelanjutan identifikasi jika diperlukan. ”Saat ini, untuk identifikasi lanjutan, Tim Inafis membawa sejumlah barang bukti untuk diperiksa di laboratorium guna mencari kesimpulan asal sumber api,” ujar Romario yang baru dilantik jadi Lurah ATTS pada 28 Agustus lalu.

Sementara itu, Plt Asisten I Sekko Isra Yonza menyebut, pembersihan ditarget rampung dalam dua pekan. Ia memastikan, petugas yang bergotong royong tetap dalam pembatasan garis polisi.

”Kita jaga dan amankan barang-barang pedagang dari pihak yang tidak berhak atau tidak berkepentingan. Selain itu, kita kumpulkan seluruh seng di satu tempat yang nantinya akan dijadikan pagar pembatas,” kata Isra.

Isra Yonza yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan mengatakan, pihaknya menargetkan pembersihan bisa secepatnya. ”Kita targetkan dalam dua pekan sudah selesai, semoga bisa lebih cepat,” ungkapnya.

Isra menambahkan, pedagang tidak direlokasi dan lebih menunggu pembersihan puing-puing pasca kebakaran. ”Jika tim inafis sudah selesai, kita bisa mempercepat pengerjaan. Nanti setelah selesai, kita perbaiki agar pedagang bisa beraktivitas kembali,” ungkapnya.

Terpisah, Wako Erman Safar dengan tegas menginstruksikan seluruh OPD terkait untuk mengambil peran dan bersinergi dalam percepatan recovery pasca-musibah kebakaran ini.

”Mohon doa seluruh masyarakat Bukittinggi. Semoga Allah mudahkan agar cuaca baik. Kita menargetkan goro selesai tuntas hari ini, dan besok (hari ini, red) bisa langsung mulai proses pembangunan kembali,” kata Wako Erman.

Di lain pihak, meski sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi Pasar Bawah, jajaran Tim Inafis Polda Sumbar belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sumbar, Kombes Pol Imam Kabut Sariadi mengatakan bahwa Ditreskrimum sifatnya hanya membantu dan mem-back-up. ”(Terkait kebakaran Pasar Bawah, red) yang menangani dari Polres Bukittinggi. Kami hanya membantu back-up,” sebut Iman.

Sabtu dan Minggu lalu, pihaknya sudah menurunkan Sie Indent/Inafis. Saat ini masih dianalisa dan dalam proses pengembangan tim, baik Polres maupun Polda. (ryp/rid)