Ada Penukaran Uang Baru di Pasar Rakyat Padek, Wako Hadir dan Bagi Takjil

11
TINJAU: Wako Padang Hendri Septa melihat daftar harga sejumlah barang yang ditawarkan di Pasar Rakyat Padek di Halaman Gedung Graha Pena Padang, kemarin (21/4).(IST)

Wali Kota Padang Hendri Septa meresmikan sekaligus meninjau Pasar Rakyat Padang Ekspres (Padek) di Halaman Gedung Graha Pena Padang, Lubukbuaya, Kototangah, Padang, kemarin (21/4).

Bazar yang didukung PT Semen Padang dan Dinas Perdagangan Kota Padang ini ramai pengunjung yang datang sejak jelang siang hingga sore hari.

Wako Hendri Septa bersama Direktur Padek Online Heri Sugiarto dan Direktur Operasional Padang TV Rita Gusveniza, Ketua Pelaksana Eko Hermanto bersama jajaran PLN UP3 Padang juga membagikan takjil kepada masyarakat dan pengendara yang melintas di gerbang Graha Pena, kemarin (21/4).

Wako Padang, Hendri Septa mengapresiasi kegiatan bazar yang diadakan Padang Ekspres Promosindo dalam upaya menggerakkan perekonomian pelaku usaha dan memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Idul Fitri 1443 H.

”Kegiatan bazar yang diadakan Padek ini sangat bagus karena kebutuhan masyarakat lengkap ada di pasar murah ini. Sembako murah dan berbagai kebutuhan masyarakat, menghadapi Lebaran juga tersedia,” ujar Hendri.

Ia menuturkan bazar, seperti ini patut diapresiasi karena membantu meringankan kebutuhan masyarakat yang di pasaran harganya lebih tinggi. Di bazar ini, masyarakat bisa mendapatkan harga spesial. Begitu juga pelaku usaha yang ikut serta berpartisipasi bisa meningkatkan promosi dan penjualan mereka.

”Artinya, kegiatan ini memberikan banyak hal positif bagi setiap orang yang berkunjung. Alhamdulillah saya juga melihat acaranya bagus, tempatnya nyaman, ada tempat parkirnya, dan semua kebutuhan ada di sini, mulai dari kebutuhan dapur, baju, lebaran, motor, mobil dan lain-lain,” tuturnya.

Wako Padang mengimbau kepada masyarakat untuk bisa berkunjung ke Bazar Padek dan belanja kebutuhan sehari-hari dan lebaran dengan harga terjangkau. ”Menarik juga, banyak diskon, belum lagi voucher-nya. Semua produknya juga murah-murah, jadi mari kita datang bersama-sama sejak hari ini sampai 24 April nanti,” ucapnya.

Tidak hanya berkunjung, Wako Padang juga belanja di berbagai stan yang ada di Bazar Padek. Terlihat Hendri membeli takjil untuk berbuka puasa dan membeli peci yang diolah dari limbah sampah rumah tangga oleh IKM bank sampah.

Setelah berbelanja, Hendri lanjut turun ke tepi jalan lintas di depan gerbang Graha Pena untuk membagikan takjil kepada masyarakat dan pengendara yang melintas untuk menu berbuka puasa. Hari kedua beroperasinya bazar murah Padek, pengunjung juga ramai, banyak yang menyerbu minyak goreng kemasan.

Penukaran Uang Baru

Khusus hari ketiga, Jumat (22/4), Bazar Padek juga kedatangan Mobil Kas Keliling dari Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumbar yang dipimpin Wahyu Purnama. Mobil kas keliling ini menyediakan layanan penukaran uang baru untuk Lebaran serta meminimalisir masyarakat menukar uang di pinggir jalan.

”Jadi untuk seluruh masyarakat, jangan sampai ketinggalan karena layanan ini hanya akan hadir satu hari saja di Bazar Padek. Layanan inipun hanya dibuka pukul 10.00-12.00 di arena Pasar Rakyat Padek,” kata Ketua Pelaksana Pasar Rakyat Padek Eko Hermanto.

Harga Murah

Berbagai tawaran produk disediakan peserta di bazar ini, mulai dari sembako seperti telur, gula pasir, beras, minyak goreng curah dan kemasan serta mentega. Baik dari para pedagang, produsen, distributor dan Bulog Sumbar. Pemilik stan sembako, Elsa, 30, kepada Padang Ekspres mengatakan, harga jual di stannya jauh lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

”Kalau harga telur ada dua macam, yang menengah harganya Rp 40 ribu per papan, di luaran orang menjualnya sekitar Rp 43 ribu per papan. Lalu, untuk beras kita ada dua macam juga, sokan satu karungnya isi 10 kg Rp 140 ribu yang biasanya dijual di luaran seharga Rp 160 ribu, dan beras IR 42 satu karungnya isi 10 kg seharga Rp 120 ribu, kalau di pasaran biasanya Rp 150 ribu. Untuk harga gula pasir seharga Rp 14.500 per kilo, biasanya dijual seharga Rp 16 ribu per kilo,” jelasnya.

Kemudian, ada juga minyak goreng kemasan produksi Incasi Raya yang dijual seharga Rp 22 ribu per liter. Pada stan berikutnya, ada perlengkapan shalat seperti mukena dan baju koko. Nofiarti, 35 pemilik stan mengatakan tersedia banyak motif baju koko dan mukena.

”Tidak hanya mukena dewasa, anak-anak pun juga ada. Untuk harga mukena dewasa mulai harga Rp 130-350 ribu dengan berbagai macam motif dan bahan, sedangkan mukena anak-anak mulai harga Rp 85-165 ribu, sementara baju koko mulai Rp 120-185 ribu, tentunya model dan bahannya juga bagus-bagus. Pada momen bazar ini, harganya bersaing atau kita beri diskon khusus,” katanya.

Bagi pecinta kuliner, tersedia pizza khas Minang yaitu pizza toping rendang. Bisa didapatkan di Pasar Rakyat Padek dengan harga ramah kantong. Pemilik stan pizza yang juga menyediakan kue lebaran, Yebbie, 50, mengatakan pizza toping rendang juga disediakan serta berbagai macam takjil dan kue lebaran, seperti ladu, kacang tujin, kacang balado, keripik balado dan banyak lagi.

”Pastinya kita jual di bazar ini dengan harga terjangkau. Biasanya orang menjual pizza dengan toping sosis keju, sedangkan kita menghadirkan rasa berbeda yakni toping rendang dengan harga cuma Rp 35 ribu sudah dapat 6 potong, untuk harga takjil rata-rata seharga Rp 6 ribu. Kita juga menerima pesanan bagi yang ingin berbagi takjil pada Ramadhan ini dan kue untuk lebaran,” jelasnya.

Yebbie menyampaikan harga ladu satu bungkusnya seharga Rp 20 ribu, keripik singkong balado seharga Rp 15 ribu, kacang tujin satu bungkus Rp 15 ribu.

Baca Juga:  KPK Terima 395 Laporan Gratifikasi Selama Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Bagi yang ingin mobil dan motor baru jelang lebaran ini, juga tersedia stan mobil Daihatsu dan motor Honda di Pasar Rakyat Padek ini. Begitu pula yang ingin ganti oli motor dan mobil, juga tersedia.

Diskon khusus yang ditawarkan, Oli Motul adalah, paket Scooter LE 0,8L + Scooter Gear seharga hanya Rp 100 ribu didiskon dari harga normal Rp 125 ribu sepaket dengan bonus dompet STNK Motor. Kemudian, setiap pembelian oli TRD Sport Series sebanyak 6 liter berhadiah dompet STNK TRD.

”Para pengunjung juga dapat mengganti oli motor dan mobil merek Motul dengan harga khusus pada momen bazar ini. Oli dengan kualitas tinggi dan kilometer panjang,” jelas Manager Operasional di stan Oli Motul, Yulius Dani didampingi tim Kemagi Multi Gemilang Motul Sumbar.

Pelanggan juga bisa mendapatkan lebih banyak bonus lagi. Misalnya, kata Dani, pembelian 4 liter oli Motul Multi Power Plus dan MultiGrade Plus gratis dompet STNK Motul. Dani juga menyampaikan bahwa Motul Sumbar tidak hanya fokus ke penjualan mencari untung saja, tapi juga ikut kegiatan sosial. Ketika pascagempa di Pasaman misalnya, Motul menjadi satu-satunya brand oli yang peduli memberikan bantuan

”Jadi, konsumen oli Motul juga menjadi bagian dari apa yang sudah Motul sumbangkan untuk para korban gempa Pasaman,” katanya.

Berikutnya, ada stan PLN UP3 Padang yang hadir dengan beberapa program unggulannya. Supervisor Pemasaran PLN UP3 Padang, Sholihin Aqsha mengatakan akan memberikan program terbaik untuk ditawarkan kepada masyarakat.

”Adapun program kita pertama yakni naik daya Ramadhan Berkah berupa layanan kita ke masjid-masjid cukup bayar Rp 150 ribu. Kedua, yaitu program ceria kita pasarkan ke masyarakat cukup membayar Rp 150 ribu untuk semua jenis transaksi dengan aplikasi PLN Mobile,” jelasnya.

Program terakhir yang ditawarkan yaitu rumah nyaman dengan kompor induksi. PLN akan berikan voucher diskon naik daya sebesar Rp 150 ribu untuk setiap pelanggan yang membeli satu unit kompor induksi.

Tidak kalah menarik, Stan Honda hadir dengan diskon menarik versinya. Marketing Honda yang menjaga stan, Adek kepada Padang Ekspres menuturkan khusus di stan bazar Pasar Rakyat ini pihaknya menyediakan program khusus Ramadhan, yakni diskon khusus untuk kredit.

”Untuk diskon kredit motor matic bisa sampai Rp 1 juta, untuk motor kopling bisa dapat diskon sampai Rp 800 ribu, sedangkan khusus motor tipe-tipe lewat tahun seperti tahun 2019-2020 itu kita kasih diskon sampai Rp 3 juta,” ucapnya.

Kemudian, pada stan Daihatsu, ada program spesial Ramadhan. Sales Supervisor Astra Daihatsu Padang, Priyogi menjelaskan, promo yang ditawarkan di Pasar Rakyat Padek adalah All New Terios DP mulai Rp 25 jutaan, All New Xenia DP mulai Rp 13,5 jutaan, Grand New Xenia DP mulai Rp 11,2 jutaan, Gran Max pikap DP mulai Rp 7,9 jutaan, Daihatsu Rocky 1.0 turbo DP mulai Rp 19,6 jutaan, dan Daihatsu Rocky 1.2 DP mulai Rp 13,9 jutaan.

”Tersedia juga promo spesial lainnya untuk Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra dan lainnya di Pasar Rakyat Padek ini. Spesial Ramadhan dan persiapan untuk Lebaran nanti,” katanya.

Selain itu, kata Yogi, Astra Daihatsu Padang juga memberikan bonus menarik lainnya seperti gratis servis selama 30 bulan atau 50 ribu km, gratis servis, oli dan filter oli khusus Gran Max pikap, gratis layanan emergency selama 5 tahun, gratis kaca film, talang air, anti karat, dan pelindung cat.

”Dapatkan juga voucher belanja Lebaran senilai Rp 500 ribu. Jadi, ayo segera pesan mobil Daihatsu sekarang juga di Bazar Padang Ekspres,” ajaknya.

Untuk stan telekomunikasi seluler, hadir Telkomsel dan Smartfren. Pihak dari stan Telkomsel, Adrian mengatakan pada momen bazar ini ada promo diskon harga pembelian modem Telkomsel Orbit. Telkomsel Orbit adalah layanan internet rumah yang menggunakan perangkat modem WiFi dengan kualitas jaringan selular terbaik, serta paket data yang bisa digunakan tanpa perlu berlangganan.

”Program kita ada potongan harga sebesar Rp 50 ribu setiap pembelian modem Orbit. Begitu juga untuk pelanggan baru dan paket, ada juga. Silakan datang ke stan kita di Pasar Rakyat Padek untuk komunikasi lancar saat mudik dan Lebaran nanti,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Adrian, pemberian kartu perdana kuota 2GB gratis dengan syarat melakukan penukaran kartu seluler provider lain. ”Pelanggan dapat memilih paket data yang ada di nomornya masing-masing hanya dengan scan barcode,” tambahnya.

Berbagai macam diskon voucher paket data, juga disediakan Smartfren. Pemilik stan M. Arlan Fadhli Gunawan menuturkan stan Smartfren hadir dengan beragam diskon. ”Ada diskon untuk paket unlimited 2Gb dan 31Gb dengan harganya Rp 25 ribu dapat gratis 8Gb. Untuk kuota 6Gb nonstop biasanya seharga Rp 30 ribu. Selain itu, juga ada kuota unlimited harian dari harga Rp 81 ribu untuk pemakaian 1Gb sehari, sekarang sehari bisa pakai 2Gb harganya masih sama,” terangnya.

Banyak penawaran menarik lainnya. Ada juga pilihan busana untuk lebaran yang bisa didapatkan dengan harga khusus dan model-model yang bagus. Bazar dibuka sejak pukul 10.00 hingga 21.00.

”Bagi pengunjung yang beli koran Padang Ekspres di lokasi bazar, bisa dapat dua keuntungan yakni dapat voucher potongan belanja dan mengikuti doorprize yang berhadiah menarik seperti menginap di hotel berbintang untuk tiga orang,” jelas Eko Hermanto. (cr4)