Irjen Pol Teddy Minahasa, Jabat Kapolda Sumbar

62
Irjen Pol Teddy Minahasa Putra.(IST)

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dimutasi. Dalam mutasi itu, juga ada dua kapolda yakni Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Abdul Rakhman Baso dan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Eko Indra Heri.

Dalam telegram bernomor ST/1701/VIII/KEP/2021 tanggal 25 Agustus 2021 tentang Pemberhetian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri yang ditandatangani Irjel Pol Wahyu Widodo itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dimutasi menjadi Kapolda Sumsel.

Sedangkan Irjen Eko Indra Heri dimutasi jadi Koorsahli Kapolri. Sedangkan posisi Kapolda Sumbar diisi oleh Irjen Pol Teddy Minahasa Putra yang sebelumnnya menjabat Staf Ahli Manajemen (Sahlijimen) Kapolri.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Rusdi Hartono membenarkan adanya mutasi tersebut. ”Benar,” terangnya. Dalam telegram itu total perwira yang dimutasi mencapai 504 pejabat kepolisian, baik perwira tinggi dan perwira menengah. Surat tersebut ditandatangani oleh Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri Irjen Wahyu Widada.

Dalam telegram itu, Irjen Wahyu memerintahkan agar setiap pati dan pamen dalam telegram tersebut segera dibebaskan dari jabatan lama. ”Lalu, dimutasikan ke jabatan baru,” ujarnya dalam telegram tersebut.

Baca Juga:  Amerika akan Tetap Ada di Laut China Selatan

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu saat dihubungi Padang Ekspres menyebutkan bahwa pihaknya sudah menerima surat telegaram Kapolri itu kemarin sore. Menurut dia, mutasi dalam tubuh polri merupakan promosi jabatan dan menandakan regenarasi sumber daya manusia dalam tubuh institusi tersebut. ”Kami masih menunggu instruksi lanjutan atas surat telegram tersebut,” tukas Satake.

Sedangkan untuk serah terima jabatan Kapolda Sumbar ini, kata Satake, dilakukan di Mabes Polri. ”Sertijabnya dipastikan dilaksanakan di Mabes Polri, kita Polda Sumbar sifatnya hanya menunggu saja,” katanya.

Teddy Minahasa Putra merupakan lulusan Akpol 1993 kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara, yang dalam karirnya pernah menjabat Kapolda Banten dan Wakapolda Lampung, serta Karopaminal Divpropam Polri. Ia perwira tinggi ini pernah menjadi ajudan Jusuf Kalla (JK) ketika menjabat Wakil Presiden.

Pada 11 Juli 2018, Teddy diberikan Bintang Bhayangkara Nararya karena pengabdiannya tanpa cacat selama 24 tahun. Di luar institusi Polri, Teddy Minahasa Putra juga dipercaya menjadi Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) periode 2021-2026. (rid)