Ratusan Anggota NII di Dharmasraya Nyatakan Cabut Baiat

129

Ratusan anggota kelompok jaringan Negara Islam Indonesia (NII) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menyatakan cabut baiat atau sumpah setia. Cabut baiat itu dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Rabu (27/4/2022).

“Demi Allah saya bersumpah, mengakui bahwa Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 tidak bertentangan dengan syariat Islam,” kata anggota NII saat sumpah mencabut baiat.

Usai cabut baiat itu, ratusan anggota NII itu kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra mengatakan, jumlah anggota NII di Kabupaten Dharmasraya yang menyatakan cabut baiat lebih kurang 400 orang.

“Lebih kurang 400 orang saudara-saudara kita yang terpapar aliran NII, aliran radikalisme yang bertentangan dengan ideologi bangsa, menyatakan cabut baiat. Mereka melakukan cabut baiat,” ucap Teddy.

Teddy memaparkan, total masyarakat yang terpapar aliran NII di Dharmasraya sekitar 1125 orang. Untuk itu, bagi yang belum, Teddy meminta secepatnya juga melakukan cabut baiat.

“Saya berikan kesempatan paling lama sampai tanggal 20 Mei, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, seluruhnya harus cabut baiat. Kalau masih ada yang belum cabut baiat, saya akan terapkan penegakan hukum lebih lanjut,” tegas Teddy. (*)