Padang Ekspres Sabet Silver Winner, Di Ajang IPMA 2022 di Yogyakarta

18
PRESTASI: Pemred Padang Ekspres Revdi Iwan Syahputra menerima tropi Silver Winner dalam ajang The 13th IPMA tahun 2022 yang diserahkan Sekko Yogyakarta Aman Yuriadijaya di Jogja Nasional Museum (JNM), tadi malam (29/3). (Kiri) Pemred Padang Ekspres Revdi Iwan Syahputra bersama salah seorang pengurus SPS yang juga Dirut Jawa Pos Group, Suhendro Boroma.(IST)

Padang Ekspres berhasil mengukuhkan eksistensinya di ajang The 13th Indonesia Print Media Awards (IPMA) tahun 2022 yang diumumkan tadi malam (29/3). Media cetak yang baru merayakan HUT ke-23-nya ini berhasil menyabet Silver Winner dalam kegiatan yang dihelat di Jogja Nasional Museum (JNM) itu.

Ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) ini, merupakan gelaran ke-13 yang digelar berbarengan bersama Young Readers Awards (IYRA), Indonesia Inhouse Magazine Award (InMA) serta Indonesia Student Print Media Awards (ISPRIMA).

Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Revdi Iwan Syahputra menerima tropi Ketegori Suratkabar Harian Regional Sumatera Terbaik yang diserahkan Aman Yuriadijaya, Sekko Yogyakarta. Acara sendiri dibuka Ketua Harian SPS Pusat, Januar P Ruswita. Padang Ekspres bersaing dengan sejumlah media lain di Sumatera.

Momen tata wajah diangkat Padang Ekspres berkaitan dengan momen Hari Pahlawan edisi terbit Rabu, 10 November 2021. Padang Ekspres mengangkat cerita tentang pahlawan perang melawan pandemi Covid-19.

Berita tersebut menampailkan desain garfis seorang tenaga kesehatan yang dianggap sebagai pahlawan karena rela menukar raganya, tak menyerah sampai akhir. Juga, digambarkan bagaimana virus Covid-19 yang menyeramkan menyerang manusia. Ada juga kisah Bhabinkamtibmas yang menjadi pemutus penyebaran virus tersebut.

Revdi yang akrab disapa Ope ini menyampaikan bahwa ini momen kebangkitan Padang Ekspres di tengah pandemi Covid-19. Dirinya yakin prestasi ini akan menjadi motivasi bagi seluruh tim. “Ini bukti kita bangkit. Prestasi ini akan menjadi motivasi untuk terus berbuat menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Revdi mengakui bahwa saat ini surat kabar benar-benar mendapat tantangan berat seiring pesatnya laju digitalisasi. Namun, ia bersyukur Padang Ekspres mampu melaluinya dengan meraih penghargaan tersebut.

Di sisi lain, Padang Ekspres juga menggalakkan gerakan #kembalikekoran. Ini bentuk semangat agar kualitas berita agar terus ditingkatkan. Melahirkan konten dan rubrik khusus, juga menjadi kunci bagi redaksi agar memuaskan pembaca.

Ke depan, komitmen Padang Ekspres tak hanya menyajikan berita yang terpecaya, namun disajikan dengan menarik. Tata wajah (layout) akan menjadi hal yang terus dikembangkan. Karikatur dan info grafis akan menjadi perbedaan dengan media lain.

“Selain menjadi daya tarik, karikatur dan info grafis juga memudahkan pembaca memahai isi dari berita yang disampaikan,” ujarnya.

Rubrik-rubrik juga akan menjadi nilai tambah pada media yang berdiri pada 25 Januari 1999 ini. Saat ini, Padang Ekspres juga menghadirkan Laman Guru. Konsepnya mengakomodir dan mengajak para guru agar mau menulis. Tulisannya bisa berupa pemikiran terkait pendidikan, sasta, dan lainnya.

Baca Juga:  Hentikan Pengiriman Hewan Ternak Dari Luar Provinsi

Rubrik Laman Guru ini menjadi daya tarik bagi guru di Sumbar untuk menulis. Selain itu, ada Palanta Wisata yang mengupas objek dan potensi wisata di Sumbar. Objek wisata yang dikupas tak hanya yang terkenal saja. Namun objek yang baru juga diberitakan. “Ke depan akan diakomodir rubrik lainnya. Inilah salah satu kunci kita bangkit,” katanya.

Sementara itu, Direktur Padang Ekspres Mhd Nazir Fahmi menyampaikan bahwa prestasi ini upaya kerja keras dari redaksi. Menurut dia, inovasi mesti dilakukan di era teknologi digital ini. “Redaksi telah menjawab tantangan tersebut. Saya apresiasi kinerja kawan-kawan di redaksi,” katanya.

Disampaikan Nazir, meski yang menjadi penilaian tata wajah, namun hal ini tak terlepas dari ulasan berita yang disajikan. Tentu dewan juri melihat secara utuh berita, bahkan koran yang terbit pada hari tersebut.

Nazir mengingatkan momen kebangkitan ini agar terus menjadi penyemangat agar terus berkarya. Tahun depan, prestasi yang lebih baik menjadi target Padang Ekspres. “Terima kasih buat Pemred dan tim redaksi. Semoga tahun depan bisa Gold Winner,” katanya.

Ketua Harian SPS Pusat, Januar P Ruswita bersyukur Serikat Perusahaan Pers (SPS) Award 2022 dapat diselenggarakan secara tatap muka langsung di Jogja National Museum, Selasa (29/3), setelah pada SPS Award 2021 dilakukan secara daring. “SPS Award 2022 mengambil tema “Merawat Jurnalisme, Mengokohkan Nasionalisme”,” paparnya.

Tema tersebut memiliki pesan yang kuat di tengah disrupsi media. Menurut dia, perusahaan pers harus terus menjaga perwajahan dan konten berkualitas. Dengan modal itu, perusahaan pers dapat memberikan infornasi yang benar dan dipertanggungjawabkan.

“Harapan kami, penyelenggaraan SPS Award 2022 dapat membawa manfaat dan keberkahan,” kata dia.

SPS Award 2022 melombakan empat penghargaan, yaitu The 13th Indonesia Print Media Awards (IPMA), The 11th Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMA), The 11th Indonesia Students Print Media Awards (ISPRIMA), dan The 9th Indonesia Young Readers Awards.

Dirut Jawa Pos Group Suhendro Boroma mengucapkan selamat atas keberhasilan Padang Ekspres. Menurut dia, keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja giat ikhlas dan cerdas. Sekaligus, mampu membaca peluang adalah kuncinya. “Teruslah bergerak dan berbanah,” katanya. (eko)