Buruan! Beli Mobil Xenia, Terios, Luxio, Granmax Hemat 12-17 Jutaan

69

Pemerintah telah resmi memberlakukan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20/PMK.010/2021 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Peraturan tersebut berisikan kebijakan insentif penurunan tarif PPnBM (diskon pajak) untuk kendaraan bermotor segmen ≤ 1.500 cc kategori sedan dan 4×2.

Segmen tersebut dipilih karena merupakan segmen yang diminati kelompok masyarakat kelas menengah dan memiliki local purchase di atas 70%.

Diskon pajak dilakukan secara bertahap mulai hari ini (1/3/2021) sampai Desember 2021 agar memberikan dampak yang optimal bagi sektor otomotif dan perekonomian.

Diskon pajak sebesar 100% dari tarif normal akan diberikan pada tiga bulan pertama sejak 1 Maret 2021, 50% dari tarif normal pada tiga bulan berikutnya, dan 25% dari tarif normal pada tahap ketiga untuk empat bulan. Besaran diskon pajak akan dievaluasi efektivitasnya setiap tiga bulan.

Dengan adanya kebijakan tersebut, Branch Manager PT. Astra Internasional Daihatsu Padang, Jefri Kurniawan menyebutkan, hemat harga beli mobil Daihatsu Terios sekitar 14-17 jutaan, Daihatsu Xenia 13-14 jutaan dan Daihatsu Luxio 12 jutaan serta minibus Granmax hemat di kisaran 12 jutaan.

Baca Juga:  Daihatsu Resmi Luncurkan Penyegaran Rocky di GIIAS 2022

“Aturan diskon pajak (PPnBM 0 persen) itu sudah berlaku mulai hari ini. Pricelist (daftar harga) sudah ada. Bagi masyarakat yang ingin beli mobil tersebut, silakan datang ke Daihatsu Padang, Jalan Khatib Sulaiman,” kata Jefri.(esg)