Setelah Mal, Bangkok Tutup Toko dan Restoran Pukul 00.00-05.00

Balai kota Bangkok memerintahkan semua restoran dan toko tutup pada tengah malam hingga pukul 05.00. (foto:aa)

Setelah menutup seluruh mal sejak Minggu lalu, Balai kota Bangkok memerintahkan semua restoran dan toko tutup dari tengah malam hingga pukul 05.00. Ini langkah terbaru yang diambil kota tersebut untuk membatasi penyebaran virus korona baru (Covid-19).

Juru Bicara Administrasi Metropolitan Bangkok Pongsakorn Kwanmuang menyebutkan, selain penutupan bisnis pada larut malam, semua taman juga ditutup mulai Kamis (2/4) hingga 30 April.

Penutupan itu menambah tingkatan aturan keadaan darurat yang diberlakukan secara nasional oleh pemerintah setempat, pekan lalu. Bisnis yang tidak penting ditutup dan perjalanan antar-provinsi serta pertemuan kelompok dilarang.

“Bangkok belum mengumumkan jam malam seperti beberapa provinsi lain, tapi akan meminta kerja sama warga untuk tinggal di rumah. Pos pemeriksaan akan didirikan di seluruh ibu kota untuk menegakkan aturan,” ujar Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang kepada wartawan, seperti dilansir Bloomberg, Rabu (1/4).

Pembatasan lebih lanjut kemungkinan akan dipertimbangkan di Thailand karena kasus-kasus masih dilaporkan di antara individu yang pekerjaannya membuat mereka berhubungan dengan sejumlah besar orang, menurut laporan harian Organisasi Kesehatan Dunia pada hari Selasa.

Bangkok memiliki jumlah kasus Covid-19 terkonfirmasi tertinggi di Thailand, dengan jumlah pasien hingga hari ini (1/4) sebanyak 850 orang. Thailand melaporkan 120 kasus lagi pada hari Rabu (1/4) sehingga totalnya menjadi 1.771 orang.(esg)