BRI Kanwil Padang Salurkan Bantuan Urban Farming KWT Ikhwatunnissa

48

Memperingati Hari Kartini, Kantor Wilayah BRI Padang menyalurkan bantuan berupa pembangunan infrastruktur urban farming dan infrastruktur penunjang lainnya bagi Kelompok Wanita Tani (KWT).

Pemimpin Wilayah Kantor Wilayah BRI Padang Wahju Hidajat mengungkapkan, bahwa pemberian bantuan tersebut diberikan dalam bentuk pembangunan green house, gapura, galeri penjualan, penunjuk arah, bibit tanaman hidroponik, media tanam hidroponik, pelatihan hidroponik, media tanam tanah serta pupuk organik.

“Seluruh bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota KWT. Agar ibu-ibu anggota Kelompok Wanita Tani dapat memiliki income tambahan dari hasil penjualan sayur sehat tanpa pestisida yang mereka tanam, di samping untuk dikonsumsi sendiri oleh anggota kelompok,” jelas Wahju, Kamis (5/8/2021) saat menyerahkan bantuan.

Bantuan BRI Peduli Woman Communi-Tree Bantuan Urban Farming untuk Kelompok Wanita Tani secara serentak dilaksanakan oleh 18 Kantor Wilayah BRI di seluruh Indonesia yang diinisiasi Komunitas Pekerja Wanita BRI atau yang dikenal dengan Srikandi BRI dengan nilai bantuan sebesar Rp. 100.000.000.

Untuk Kantor Wilayah BRI Padang, Bantuan BRI Peduli Woman Communi-Tree Bantuan Urban Farming untuk Kelompok Wanita Tani diserahkan kepada KWT Ikhwatunnissa yang beralamat di Komplek Masjid Ikhwatun, Kelurahan Parupuk Tabing Kecamatan Kototangah, Kota Padang.

Baca Juga:  Bank Nagari Syariah Payakumbuh- Kemenag Limapuluh Kota Jalin MoU!

Awalnya, KWT Ikhwatunnissa bercocok tanam secara konvensional dengan media tanah. Dengan adanya bantuan Green House, KWT Ikhwatunnissa telah mampu menghasilkan sayuran hidroponik untuk menyiasati semakin berkurangnya lahan pertanian dengan media tanam tanah.

KWT Ikhwatunnissa telah menghasilkan sayuran hidroponik seperti Bayam, Kangkung, Pokcoy, Tomat disamping sayuran yang memiliki media tanam tanah seperti terung, cabai, pare, bawang, kacang panjang dan sayuran lainnya.

“Melalui bantuan BRI Peduli Woman Communi-Tree Bantuan Urban Farming untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Ikhwatunnissa diharapkan dapat mendukung program pemerintah meningkatkan kualitas dan kesejahteraan perempuan Indonesia,” katanya.(rel)