XL Axiata Kembali Serahkan Rp 10,8 Miliar Donasi Covid-19

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa serahkan donasi kepada Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto: Corcom XL)

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menyerahkan donasi untuk mendukung pemerintah dalam penanganan virus korona (Covid-19) di Indonesia.

Donasi senilai lebih dari Rp 10,8 miliar tersebut diserahkan dalam bentuk dana tunai Rp 10 miliar dan selebihnya berupa beragam alat perlindungan diri (APD). Sebagian dari donasi berasal dari partisipasi karyawan yang terkumpul lebih dari Rp 818 juta.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyerahkan donasi kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, di Jakarta, Selasa (7/4).

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, melihat perkembangan di beberapa hari terakhir, XL Axiata tentu turut prihatin dan tidak bisa berpangku tangan.

Apalagi melihat upaya keras pemerintah, berbagai instansi dan pastisipasi masyarakat luas di berbagai daerah dan di semua lapisan, terutama paramedis yang berjibaku menghadapi pasien yang terus bertambah.

“Karena itu, meski sudah sempat beberapa waktu lalu menyerahkan donasi melalui BNPB juga, kami terus mencari cara bagaimana bisa mendapatkan lagi dana untuk bisa kami donasikan. Syukur Alhamdulillah, saat ini kami bisa mengalokasikan dukungan dana hingga total sekitar Rp 10 miliar,” ujarnya.

Kemudian, sambungnya, melalui program donasi partisipasi karyawan XL Axiata yang juga ikut aktif menggalang dana secara patungan ditambah dukungan perusahaan, telah terkumpul sekitar Rp 800 jutaan.

Dian menambahkan, donasi dari XL Axiata akan disalurkan dalam bentuk dana sebesar Rp 10 miliar melalui BNPB. Selanjutnya dari Rp 10 miliar tersebut akan disalurkan ke Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebesar Rp 5 miliar dan Palang Merah Indonesia (PMI) sebesar Rp 5 miliar.

Lalu, sebesar Rp 800 juta akan diserahkan dalam bentuk APD yang akan disalurkan langsung ke sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan utama penanganan Covid-19.

Menurut Dian, XL Axiata akan terus mencermati perkembangan penanganan Covid-19 ini. Sebagai perusahaan yang juga memiliki lebih dari 1.600 karyawan beserta keluarganya di berbagai daerah, perusahaan memandang partisipasi aktif dalam mitigasi Covid-19 merupakan bagian dari upaya melindungi keluarga besar XL Axiata.

Dukungan donasi XL Axiata kali ini kemungkinan juga bukan yang terakhir kalinya. Manajemen XL Axiata telah menyiapkan dana khusus jika sewaktu-waktu memang perlu untuk kembali mendukung mitigasi Covid-19 sesuai perkembangan yang ada.

Sebelumnya, XL Axiata telah memberikan dukungan komunikasi kepada BNPB berupa perangkat APD untuk petugas medis, layanan telekomunikasi dan data yang terdiri dari akses gratis untuk penggunaan telpon, SMS, dan data/internet, serta penggunaan MS Office, serta edukasi kepada masyarakat/publik melalui pengiriman pesan SMS secara rutin seputar Covid-19.

Selanjutnya, XL Axiata memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di area Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang saat ini menjadi rumah sakit darurat khusus pasien Covid-19, dan di rumah sakit-rumah sakit yang fokus pada penanganan Covid-19.

“Untuk itu, satu unit mobil BTS telah ditempatkan untuk mendukung aktivitas komunikasi para petugas media dan pasien,” katanya.

Masih termasuk dalam kerja sama ini juga, XL Axiata membantu pengiriman SMS blast dari BNPB kepada pelanggan, yang berisi informasi seputar penanganan Covid-19, serta materi sosialisasi dan edukasi terkait wabah ini.

Melalui sarana ini, pelanggan XL Axiata dan masyarakat luas antara lain bisa mendapatkan informasi perkembangan terbaru penanganan wabah ini, seputar prosedur penanganan jika diduga ada masyarakat yang tertular, hingga rumah sakit mana saja yang menangani pasien Covid-19 di berbagai daerah.(rel/esg)