Gratis Tagihan dan Diskon Tarif Listrik Sudah Bisa Dinikmati di Sumbar

Salah satu pelanggan listrik prabayar di Sumbar yang sudah bisa menikmati stimulus karena terdampak Covid-19. (Foto: Humas PLN)

Kebijakan pemerintah membebaskan pembayaran listrik bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 450 Volt Ampere (VA), dan diskon 50 persen bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi sudah diterapkan di Sumbar.

“Keringanan biaya listrik yang berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, Juni 2020 ini, sebagai bentuk stimulus untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat merebaknya virus korona (Covid-19),” ujar General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto, Kamis (9/4).

Bambang menambahkan, terdapat 245.972 pelanggan listrik rumah tangga 450 VA dan 238.663 pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi di Sumbar.

“Untuk pelanggan pasca bayar pembebasan tagihan 450 VA dan diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA bersubsidi sudah berlaku mulai periode ini. Sementara untuk pelanggan prabayar kami berikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi selama pemakaian tiga bulan terakhir,” jelasnya.

Pelanggan bisa mendapatkan token isi ulang gratis dengan mengakses website PLN www.pln.co.id, dan melalui whatsapp atau telegram ke 08122123123.

Mekanisme pemberian stimulus dibuat dengan teknis paling mudah dan tidak menyulitkan pelanggan. Pembebasan tagihan pelanggan pascabayar akan diterima pada setiap periode berjalan, namun proses penerbitan token berjalan secara bertahap dan akan diterima seluruh pelanggan paling lambat 11 April 2020.

Bambang menambahkan bahwa pelanggan yang sudah telanjur membeli token akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan, sehingga tidak akan hilang.

“PLN mendukung kebijakan pemerintah yang bertujuan menjaga perekonomian masyarakat yang kurang mampu di tengah situasi pandemi saat ini. Harapan kami program ini meringankan beban masyarakat yang kini cukup berat,” tambahnya.

Salah satu pelanggan listrik 450 VA penerima manfaat stimulus gratis di Sumbar Zulmaini mengungkapkan perasaan haru dan syukurnya.

“Terima kasih kepada pemerintah yang telah meringankan beban kami dalam masa-masa sulit ini. Terima kasih juga kepada PLN yang telah memberikan listrik gratis pada kami sehingga dapat membantu kami dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Zulmaini.(esg)