Wamendag Buka Sepatu, Tunjukan Kebanggaan Pakai Produk Asli Indonesia

48

Antusias dan bangga. Itulah yang terlihat dari sosok Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga ketika berpidato di Rumah Dinas Wali Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, pada acara penyerahan Anugerah SNI Pasar Rakyat, Rabu (8/12/2021).

Masker yang dikenakan tidak mampu menutupi kebahagiaan dari wajah Doktor Ilmu Politik termuda dari Universitas Indonesia tersebut. Tatkala menyampaikan kepada para tamu dan undangan bahwa betapa bangganya dirinya  mengenakan produk lokal asli buatan Indonesia.

“Saya bangga dengan Bapak-Ibu sekalian yang memakai baju batik dan baju daerah, baju tradisional. Demikian juga dengan saya yang selalu menggunakan buatan Indonesia,” ungkapnya.

Pada kegiatan itu, Jerry memperlihatkan kecintaannya terhadap produk lokal dengan mengenakan pakaian asli 100% buatan lokal Indonesia. Di antaranya ialah baju batik dengan motif yang berasal dari kampung halamannya, Manado, Sulawesi Utara.

Lalu, celana brand lokal merek Erigo yang membuatnya terkesima tatkala melakukan perjalanan dinas ke Negeri Paman Sam, brand tersebut diekspor dan dijual dengan harga cukup kompetitif.

Ada pula jam tangan stylish warna kuning dengan tali yang berwarna selaras, yang dibelinya dengan harga ekonomis dari perajin Jawa Barat.

Baca Juga:  Indonesia Targetkan Jadi Negara Maju, Mendag: ASEAN Harus Kompak

Sembari membuka sepatunya, Jerry memperlihatkan kepada para pejabat dan undangan, sepatu berwarna hijau tua dengan item bernama ‘Jerry Sambuaga’ yang merupakan bentuk apresiasi dari perajinnya dari daerah Jawa Barat.

Jerry mengajak seluruh masyarakat untuk ikut dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Gerakan ini sebagai bentuk keberpihakan Pemerintah Indonesia untuk menyokong produk-produk lokal agar dapat bersaing di tengah derasnya persaingan pasar global.

“Ini semua bentuk keberpihakan kita. Jadi jangan segan-segan. Kita tunjukan. Kita praktikkan. Kita lakukan. Insya Allah produk kita akan semakin menjadi andalan, khususnya produk ekspor di mancanegara,” pungkas mantan anggota Komisi I DPR RI itu.(rel/idr)