Disukai Pecinta Tanaman Hias Mancanegara, Patenkan Homalomena Frog

37

Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Liferdi minta Pemerintah Kota Padangpanjang segera mematenkan Homalomena Frog. Tanaman hias lokal yang berasal dari Kota Padangpanjang.

Hal tersebut disampaikan Liferdi saat bertemu Wali Kota Fadly Amran Datuak Paduko Malano dalam acara Temu Teknis Pengembangan Hortikultura Kota Padang Panjang di Aula Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Selasa (11/1).

Dikatakan Liferdi, tanaman Homolomena Frog sudah terkenal ke mancanegara. Tanaman ini bernilai ekonomi dan bisa diekspor ke mana saja.

“Saya minta ini segera ditindaklanjuti Pemko bahwasannya tanaman ini berasal dari Padangpanjang. Jangan sampai ada pihak lain nantinya yang mematenkan ini,” katanya.

Sementara itu Kepala Dispangtan, Ade Nafrita Anas menyampaikan, ini tanaman hias lokal yang sebelumnya dianggap biasa saja di sini. Namun ternyata diminati oleh pecinta tanaman hias di luar negeri.

“Banyak negara yang meminati tanaman ini. Ke depan akan kita tindak lanjut hal ini,” katanya.

Wako Fadly Amran  berterima kasih kepada Kementan karena telah bekerja sama dengan Dispangtan Padangpanjang. Ini salah satu wujud untuk membangkitkan sektor pertanian di Kota Serambi Mekkah itu.

Baca Juga:  Andre Rosiade Nilai Penarikan Snack Gambar Kaesang di Garuda sudah Tepat

“Tidak tertutup kemungkinan Padangpanjang bisa jadi kota bunga. Cuaca kota ini sangat mendukung dan petaninya sangat kreatif,” katanya.

Untuk mewujudkan itu, sebut Fadly, perlu adanya kerja sama semua pihak, termasuk perbankan. “Saya harap ke depan petani Padangpanjang bisa ‘berlari’ agar mencapai hasil yang maksimal,” katanya dalam kesempatan dihadiri Direktur CV Minaqu Indonesia, Ade Whardana Adinata dan pihak terkait lainnya.(wrd)