STO Telkom di Pekanbaru Terbakar, Sinyal Telkomsel Alami Gangguan

Bagian bangunan Komplek Gedung Plasa Telkom Pekanbaru di Jalan Sudirman terbakar, Selasa (11/08/2020). (Riaupos.co)

Fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di kawasan gedung Plasa Telkom Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru terbakar, Selasa (11/08/2020). Kebakaran ini mengakibatkan terganggunya layanan pesan singkat, jaringan telepon, internet dan jaringan indihome. Dampak tersebut juga menyebar sampai ke beberapa daerah di Sumatera.

Di Kota Padang misalnya sejak sore tadi sambungan telepon, sms dan internet yang menggunakan kartu Telkomsel tak dapat digunakan sama sekali. Bahkan, tanda sinyal di bagian atas layar handphone hilang total.

“Jaringan Telkomsel kenapa ya. Kok sinyal di HP juga hilang. Apa ada kerusakan di jaringan Telkomsel ya,” tanya Rina, salah seorang warga yang mengeluhkan sinyal HP-nya tiba-tiba hilang tadi sore.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, membenarkan jika telah terjadi gangguan dari jaringan Telkomsel akibat kebakaran di fasilitas STO Telkom tersebut. Selain terganggunya fasilitas panggilan suara dan SMS, juga terjadi penurunan kualitas akses data di sejumlah wilayah di Sumatera.

Tim teknis Telkomsel kata dia, saat ini masih berupaya maksimal untuk memulihkan layanan secara keseluruhan agar dapat berjalan normal kembali. “Kami akan sampaikan informasi lebih lanjut secara berkala untuk perkembangan proses pemulihan layanan tersebut,” jelas Denny melalui rilis yang diterima Padek.co, tadi malam.

Baca Juga:  2021 Harus Fokus Pemulihan Ekonomi

Denny menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi. “Terima kasih atas kepercayaan pelanggan untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel,” tandasnya. (rel/bis)