Kube Lentera Teluk Buo, Binaan PLN Teluk Sirih Kini Perluas Pasar

15

UMKM Binaan PLN UPK Teluk Sirih, Kube Lentera Teluk Buo yang beralamat di Jalan Teluk-Buo, Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung mulai melebarkan sayap. Itu dibuktikan dengan perluasan pangsa pasar penjualan produknya ke rumah makan, toko-toko, mini market hingga pemasaran secara online.

Ketua Kelompok UMKM, Zeni Syafrina mengaku, kelompoknya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan menjadi mitra binaaan PLN Peduli.

“Kami awalnya diberi pelatihan dapur di tahun 2020 sampai dengan diuruskan izin halal dan izin produksi, dan pembuatan akun media sosial kelompok untuk memperluas penjualan oleh PLN UPK Teluk Sirih. Kini kami sudah bisa mengembangkannya,” ujar Zeni Syafrina.

UMKM Lentera Teluk Buo merupakan UMKM yang bergerak di bidang makanan ringan tradisional, yang bahan pokoknya berasal dari hasil tangkapan nelayan dan tanaman buah masyarakat sekitar dan telah didampingi PLN sejak tahun 2019.

Pada tahun 2020, UMKM tersebut juga mendapatkan kesempatan ikut Program UMKM Naik Kelas.

“Program UMKM Naik Kelas yang kami berikan berupa sertifikat PIRT, serta Penyuluhan Keamanan Pangan Dalam Rangka Sertifikasi Produk UMKM Binaan, penambahan alat produksi, dan renovasi dapur tempat produksi. Kini UMKM Lentera Teluk Buo sudah memulai pasar lebih luas dengan masuk ke toko-toko dan rumah makan sekitar Bungus Teluk Kabung serta mini market. Dengan bantuan PLN ini diharapkan mempermudah jalan UMKM untuk lebih berkembang lagi,” ungkap Manager PLN UPK Teluk Sirih, Mustika Efendi.

Baca Juga:  Peniadaan Mudik, Kargo Jadi Berkah. Citilink Layani 36 Penerbangan

Dia juga menyebut, pada bulan April-Juni ini PLN juga memberikan perpanjangan diskon pelaku UMKM untuk tambah daya.

“Kami ingin memberikan ruang yang lebih besar kepada para pelanggan UMKM di seluruh wilayah di Indonesia untuk bisa meningkatkan bisnisnya dengan layanan tambah daya yang super murah ini,” ucap Mustika Efendi.

Adapun langkah yang dapat dipilih yaitu dengan memilih menu layanan listrik Tambah Daya, Pilih IDPel, lalu lengkapi data pemohon, masukan daya pilihan akhir, masukan voucher yang telah didapatkan.

Maka secara otomatis diskon akan didapatkan, lalu submit permohonan dan selanjutnya pelanggan akan mendapatkan instruksi untuk melakukan pembayaran.

“Bagi para pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan program ini, silakan manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya,” kata Mustika Efendi. (zul)

Previous articleWako: Sebagai Barometer Sumbar, Padang Harus Superior
Next articleMenteri Pertanian SYL Sebut Kunjungan ke Sumbar karena Irwan Afriadi