Lakukan Langkah Preventif, PLN Sumbar Sosialisasi tentang Covid-19

5
PLN UIW Sumbar bersama RSU Bunda-BMC Padang menggelar sosialisasi penyebaran Covid-19. (IST)

Berbagai langkah preventif dilakukan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar kepada pegawainya dalam pencegahan penyebaran virus korona atau Covid-19.

Salah satu upaya adalah melakukan kerja sama dengan RSU Bunda-BMC Padang untuk mengadakan sosialisasi bertajuk “Kenalan Novel Coronavirus” yang berlangsung pada 13 Maret 2020 di Lapangan Tenis Indoor PLN UIW Sumbar.

Selain mendengarkan pengarahan dokter, dalam sosialisasi tersebut juga disampaikan bahwa Direksi PLN telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Direksi 0002.E/DIR/2020 perihal antisipasi penyebaran virus korona.

SE tersebut berisi pemberlakuan standar kesiagaan khusus bagi seluruh pegawai dan keluarga pegawai (baik dari level manajemen direksi hingga level pegawai) untuk mengantisipasi penularan virus korona di lingkungan PLN.

Melalui SE tersebut Direksi PLN menghimbau seluruh elemen PLN untuk menangguhkan perjalanan dinas maupun non dinas ke luar negeri, utamanya ke negara yang terinfeksi virus korona.

Bagi pegawai yang telah melakukan perjalanan ke negara-negara tersebut, maka diwajibkan melakukan prosedur deteksi dini di puskesmas atau rumah sakit setempat. Langkah-langkah tersebut adalah wujud kepedulian PLN terhadap kesehatan dan keselamatan para pegawainya.

Bahkan PLN secara khusus telah mengeluarkan pedoman penanggulangan penyebaran virus korona, mengingat saat ini virus korona telah menjadi wabah dan harus menjadi perhatian serius semua kalangan.

“PLN akan terus memantau kondisi terbaru terkait virus korona dan terus berjaga-jaga, untuk menghindari kemungkinan adanya penularan virus korona. Kita harus menanggapi dengan serius dan hati-hati,” ungkap General Manager PT PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto.

Tak sampai disitu, sejumlah peralatan penunjang pelayanan kesehatan pun juga sudah disiapkan PLN Sumbar. Mulai dari sabun cuci tangan yang telah disiapkan disejumlah titik, alat pemindai suhu tubuh (thermo gun), hingga jaminan kebersihan ruang kerja pegawai.

Alat deteksi dini pun telah digunakan di pintu masuk kantor untuk mengecek suhu tubuh bagi siapapun yang memasuki lingkungan kantor PLN. Upaya pencegahan ini akan terus dilakukan untuk menanggulangi penularan virus korona di lingkungan PLN. (*)