YBM PLN Diminta Aktif Mencari Orang Miskin yang Membutuhkan Bantuan

44

Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) YBM PLN Sumbar pada Jumat (15/01/2021) melalui media daring video conference.

Rakorwil tersebut beragendakan pembahasan evaluasi realisasi tahun 2020 dan rencana jangka panjang dan jangka pendek YBM PLN Sumbar dalam upaya memupuk kepedulian terhadap sesama.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua YBM PLN Pusat Iskandar, General Manager PLN Sumbar Bambang Dwiyanto, Ketua YBM PLN Sumbar Afriman beserta seluruh pengurus YBM Kantor Induk dan Unit Pelaksana.

General Manager PLN Sumbar Bambang Dwiyanto mengungkapkan YBM harus semakin aktif bergerak untuk mencari kantong-kantong kemiskinan yang membutuhkan bantuan, utamanya disaat pandemi sekarang ini.

“Upaya dan kepedulian YBM kepada sesama harus terus ditingkatkan, salah satunya sebagai bentuk ungkapan syukur kita, atas karunia dan kesehatan yang diberikan pada masa pandemi ini. Namun pemberian bantuan harus dibarengi dengan perencanaan yang matang agar kegiatan yang sudah direncanakan berjalan lancar dan membawa manfaat serta kebaikan bagi sesama,” ungkap Bambang.

Untuk memudahkan pekerjaan ke depan Bambang meminta seluruh pengurus YBM proaktif melakukan survei ke seluruh daerah untuk melihat kondisi lapangan.

Dalam kesempatan tersebut Ketua YBM PLN Pusat Iskandar menghimbau seluruh pengurus untuk senantiasa berpegang teguh pada syariat Islam dan menjaga integritas.

Baca Juga:  Dirut Semen Padang Apresiasi Sosialisasi Electrifying Lifestyle dari PLN

“Pengelolaan YBM yang baik adalah mandat dan amanah yang besar dari perusahaan yang harus kita laksanakan. Mari kita sama-sama bekerja dengan maksimal agar YBM PLN meraih sukses,” ucap Iskandar yang sekaligus membuka acara rakorwil.

Dalam rakorwil yang dipimpin oleh Ketua YBM PLN Sumbar, Afriman memberikan kesempatan kepada masing-masing YBM Unit Pelaksana untuk memberikan masukan terkait realisasi penyaluran ZIS pada tahun 2020 dan usulan untuk kegiatan penyaluran di tahun 2021.

Seluruh unit wajib untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap setiap kegiatan yang dilakukan. Dalam rakorwil tersebut juga dibahas persentase penyaluran untuk masing-masing bidang diantaranya sosial kemanusiaan, pendidikan, ekonomi, kesehatan dan dakwah.

Rencana anggaran untuk penyaluran tahun 2021 adalah sebesar Rp 4,37 miliar. Sementara untuk total penyaluran di tahun 2020 sebesar Rp 4,3 miliar dan paling banyak terserap untuk bidang sosial kemanusiaan.

Diakhir acara ketua YBM PLN Sumbar Afriman memberikan motivasi dan arahan kepada seluruh pengurus YBM Unit. “Semoga seluruh program yang telah dirancang mampu menyentuh masyarakat sehingga dapat sekaligus membangun citra positif PLN,” katanya. (rel)