Jaga Pasokan Listrik Idul Fitri, Tim ROW PLN Bersihkan Jaringan

Tim ROW PLN Sumbar bersiap melakukan pembersihan jaringan listrik jelang Idul Fitri. (Foto: Humas PLN)

Seminggu jelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1441 H, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar melalui petugas khusus Right Of Way (ROW) gotong-royong (goro) membersihkan jaringan listrik dari ranting pohon, umbul-umbul, maupun layangan yang berpotensi menimbulkan gangguan listrik.

Hal itu disampaikan masing-masing Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah kerja PLN UIW Sumbar dalam video conference yang berlangsung Minggu (17/5/2020).

Dalam video conference yang dipimpin General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto tersebut, masing-masing manager ULP menyampaikan langkah antisipasi yang telah dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan PLN menjelang Idul Fitri.

Goro menjadi salah satu hal wajib dilakukan mengingat pohon ataupun layangan yang mengenai jaringan listrik menjadi salah satu penyebab dominan padam saat ini.

Pohon tumbang yang mengenai jaringan PLN akan otomatis mengakibatkan padam. Sebagaimana diungkapkan Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumbar Arif Pramudya.

“Potensi gangguan eksternal seperti pohon ataupun layang-layang harus diminimalisir, salah satunya melalui goro ini. Kami akan lakukan langkah terbaik agar masyarakat dapat menikmati Idul Fitri dengan tenang dan nyaman tanpa adanya padam karena gangguan listrik. Insya Allah sudah andal dan aman,” ungkap Arif.

Apalagi dalam kondisi WFH saat ini, katanya, konsumsi listrik rumah tangga dapat dipastikan naik. Maka PLN wajib memenuhi kebutuhan tersebut dengan baik pula.

Goro akan menjadi langkah preventif yang efektif untuk meminimalisir pemadaman tidak terencana.

“Gangguan listrik karena pohon dan ranting yang mengenai jaringan listrik tidak dapat kita prediksi, namun bila sudah terjadi akan berimbas padam yang dirasakan masyarakat. Bila sudah terjadi maka PLN harus me-recovery, dalam waktu tidak sedikit karena harus menelusuri lokasi penyebab gangguan dan melakukan perbaikan,” tambahnya.

Tim ROW merupakan tim khusus yang dibentuk PLN untuk menghilangkan benda-benda yang berpotensi mengganggu kontinuitas jaringan listrik.

Saat ini tim ROW telah melakukan penelusuran ke lapangan untuk mengecek dahan pohon yang berada di dekat jaringan listrik milik PLN, dan melakukan pemangkasan.

Namun demikian PLN juga meminta kesediaan dan kerelaan pemilik pohon untuk menebang dahan pohon miliknya untuk menjaga keamanan pasokan listrik.

Menurut Bambang, selain bertujuan mengamankan listrik, pemangkasan juga dilakukan untuk menjaga keselamatan masyarakat, dan lingkungan sekitar jaringan listrik dari ancaman korsleting atau tersetrum listrik.

PLN berharap kerja sama dari masyarakat untuk mengizinkan petugas melakukan pemangkasan rutin di sekitar jaringan PLN.

“Jangan melakukan sendiri karena berpotensi menimbulkan bahaya. Bagi pelanggan yang membutuhkan pelayanan tersebut atau infomasi lainnya seputar listrik PLN dapat melakukan pengaduan melalui contact center PLN 123 karena petugas akan langsung melakukan pengecekan dilapangan,” imbau Bambang.

Contact center PLN dapat diakses melalui telp di (kode area) 123, atau facebook dan PLN di @pln_123 serta dapat pula melalui aplikasi PLN Mobile demi kemudahan layanan PLN.
“PLN UIW Sumbar menyiagakan petugas untuk menjamin pasokan listrik aman selama Idul Fitri,” kata Bambang.(rel/esg)