Gojek KOPDAR Bantu Pekerja Harian Terdampak Covid-19

Kopdar diisi dengan talkshow (bincang-bincang), lelang virtual serta konser amal yang melibatkan beberapa tokoh Sumatra Barat salah satunya Wakil Gubernur Nasrul Abit. (Foto: IST)

Untuk pertama kalinya ibadah Ramadhan dilaksanakan #dirumahaja untuk memitigasi penyebaran Covid-19. Di Padang, Gojek pun menjalankan berbagai program untuk memudahkan aktivitas pengguna selama bulan suci Ramadhan termasuk inisiatif eBadah, penggalangan dana #SumbangSuarabersamaYayasanAnakBangsaBisa, Kita bisa dan band Slank, serta kegiatan Kolaborasi Penggalangan Dana Virtual (KOPDAR) yang akan ditayangkan secara langsung tanggal 20 Mei nanti.

Gojek juga telah meluncurkan berbagai inisiatif sebagai tindakan pencegahan penularan Covid-19, menjaga keberlanjutan pendapatan mitra dan merchant, serta keamanan dan kenyamanan pengguna dalam menggunakan layanan Gojek sejak Januari 2020 lalu. Program ini dilaksanakan secara nasional termasuk di Padang.

Selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang telah dimulai tanggal 22 April lalu dan masih berlangsung hingga kini, layanan Gojek di Sumatra Barat (selain GoRide) juga tetap beroperasi dengan mengikuti peraturan yang berlaku.

Head of Regional Corporate Affairs wilayah Sumbagut, Dian Lumban Toruan, mengatakan Gojek telah mempersiapkan sejumlah langkah untuk tetap memberikan layanan kepada masyarakat yang sedang menjalankan physical distancing dan PSBB, serta membantu mereka tetap produktif saat melaksanakan ibadah puasa serta beraktivitas #dirumahaja.

“Keamanan dan kesehatan bagi seluruh pengguna dan mitra merupakan prioritas kami saat ini. Kami juga telah melakukan sejumlah program untuk membantu mitra agar dapat melewati masa sulit pandemi Covid-19, termasuk dengan berbagai bantuan langsung dan pengadaan pasar murah khusus mitra,” ungkap Dian.

Kolaborasi Penggalangan Dana Virtual (Kopdar)
Walau kondisi pandemi membatasi pilihan aktivitas sosial masyarakat, namun bukan hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk tetap berinteraksi sosial secara online sambil beramal. Oleh karena itu, Gojek Padang pun berinisiatif mengadakan kegiatan amal yang diisi pula dengan hiburan, untuk mengisi waktu ngabuburit warga Sumatra Barat dengan menyelenggarakan acara Kolaborasi Penggalangan Dana Virtual atau disingkat Kopdar.

Acara ini akan diadakan pada Rabu, 20 Mei 2020 pukul 15.00-17.00 WIB dan dapat diakses melalui Instagram live Gojek Padang (www.instagram.com/gojek.pdg/) dan Info Sumbar (www.instagram.com/infosumbar) secara gratis. Kegiatan Kopdar diinspirasi dari keprihatinan atas kondisi pandemi yang menimpa masyarakat secara luas khususnya mereka yang berpendapatan harian.

Kopdar diisi dengan talkshow (bincang-bincang), lelang virtual serta konser amal yang melibatkan beberapa tokoh masyarakat Sumatra Barat termasuk Wakil Gubernur Nasrul Abit dan mantan pelatih timnas sepak bola Nil Maizar, komika Praz Teguh serta penyanyi Minang Kintani.

Pelatih tim sepak bola dan mantan pelatih tim nasional Nil Maizar, terdorong untuk mengambil bagian dalam lelang amal Kopdar dengan menyumbangkan jersey sebagai barang yang dilelang.

“Saat ini, kondisi pandemi menimpa masyarakat secara global, termasuk masyarakat Sumbar. Kondisi ini sangat memprihatinkan. Melalui kegiatan Kopdar ini, saya berharap masyarakat dapat bersama-sama ambil bagian dalam kegiatan penggalangan dana ini untuk menolong para pekerja harian yang terus gigih mencari penghidupan,” sebut atlet kelahiran Payakumbuh tersebut.

Donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada para pekerja harian melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa, organisasi nirlaba yang dibentuk oleh Gojek untuk mengelola dana bantuan dan bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah, komunitas sosial dan perkumpulan mitra driver untuk menentukan cara terbaik dalam penyaluran dana bantuan.

Masyarakat Sumatra Barat dapat memberikan donasi baik dengan mengikuti lelang amal ataupun secara langsung dengan meng-klik banner Sumbang Suara di aplikasi Gojek atau melalui situs Kitabisa (kitabisa.com/sumbangsuara) dengan berbagai metode donasi termasuk menggunakan GoPay.

Gerakan #SumbangSuara sendiri diluncurkan pada tanggal 29 April yang lalu bersama-sama antara Band Slank, YABB dan platform penggalangan dana online Kitabisa. Hasil penggalangan dana ini didedikasikan untuk para pekerja yang penghasilan hariannya rentan menurun akibat sepinya jalanan karena pandemi Covid-19, seperti pedagang asongan, musisi jalanan, pemulung, tukang parkir, hingga supir angkot, taksi, ojek pangkalan dan online dari berbagai aplikator.

Periode penggalangan dana #SumbangSuara akan berlangsung dari 29 April hingga 30 Juni 2020. Dana yang terkumpul dari masyarakat akan disalurkan dalam bentuk paket sembako senilai Rp 100 ribu yang akan dibagikan ke kelompok pekerja harian yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Padang. (*)