Hanya Sekali ‘Tap’, Pelanggan Dapatkan Banyak Kemudahan di PLN Mobile

16

PLN Mobile merupakan aplikasi persembahan PLN bagi pelanggan guna memberikan akses kemudahan sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan.

Hanya dengan sekali ‘tap’ melalui gadget di genggaman, pelanggan dapat melakukan beberapa item permohonan, melakukan pengaduan yang langsung delivered ke petugas gangguan, ataupun melakukan transaksi pembayaran untuk pelanggan pascabayar atau pembelian token untuk pelanggan prabayar.

Fitur-fitur yang terdapat di PLN Mobile diantaranya adalah fitur ‘Token & Tagihan’ tempat dimana pelanggan dapat membayar atau membeli token, fitur ‘Layanan Listrik’ untuk permohonan Pasang Baru dan Ubah Daya, fitur ‘Catat Meter’; pelaporan angka meter kwh pascabayar secara mandiri, fitur ‘Pengaduan’ untuk melaporkan gangguan padam dan keluhan, fitur ‘Info Stimulus’ untuk melihat data stimulus listrik Covid-19 dari PLN, fitur ‘Info & Promo’, dan dilengkapi pula dengan fitur ‘PLN Magazine’.

PLN Mobile diharapkan menjawab kebutuhan pelanggan di era digitalisasi, dimana kebutuhan pelanggan bergeser dari sekedar himbauan direct menjadi ajakan dan informasi menarik melalui virtual.

Di Sumatera Barat sendiri, sejak gencar disosialisasikan pada akhir tahun 2020 lalu, PLN Mobile mulai akrab di keseharian pelanggan.

Terdata ada sekitar 2.882 transaksi pembayaran listrik dan token yang dilakukan pelanggan PLN Sumbar melalui aplikasi PLN Mobile. Ada total lebih kurang 15.000 pengaduan dilaporkan melalui PLN Mobile.

Baca Juga:  Astra Group Padang Bagikan 150 Paket Sembako dan 5 Ribu Lembar Masker

Sesuai data terpusat PLN, pelanggan Sumatera Barat yang telah menginstal aplikasi PLN Mobile hingga Senin (19/04) lalu telah berjumlah 68.935 pelanggan, 29.635 pelanggan diantaranya merupakan pelanggan dari Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang, yang melayani kawasan Kota Padang dan sekitarnya, Padangpariaman dan Kota Pariaman, Balai Selasa, Painan, hingga Kepulauan Mentawai.

Disusul 16.815 pelanggan dari UP3 Bukitting, 11.990 pelanggan dari UP3 Solok, dan 10.495 pelanggan dari UP3 Payakumbuh.

General Manager PLN UIW Sumatera Barat, Toni Wahyu Wibowo berharap jumlah pelanggan yang menginstal PLN Mobile terus bertambah agar kemudahan layanan PLN lewat genggaman dapat diakses oleh lebih banyak pelanggan.

“Kami ingin lebih banyak lagi masyarakat menginstal PLN Mobile kemudian menggunakan fitur-fiturnya untuk mempercepat dan memudahkan pelayanan kami,” ungkapnya, Selasa (20/04/2021).

Senada dengan Toni Wahyu, Senior Manager Distribusi, Arif Pramudya, berharap PLN Mobile dapat menjadi sarana dalam memudahkan layanan keandalan PLN.

“Dengan PLN Mobile pelanggan dapat mengadukan gangguan dengan cepat, kami eksekusi dengan cepat, sehingga semakin minim terjadinya gangguan, artinya semakin tinggi keandalan,” ungkapnya sembari mengajak semua pelanggan PLN Sumbar menggunakan PLN Mobile. (rel)

Previous articleMembangun Sumbar, Pemprov Diminta Perkuat Sinergi dengan Semua Pihak
Next articleGerak Cepat Semen Padang, Korban Kebakaran di Batugadang Terharu