Kinerja PT BPR Suliki Gunung Mas, Total Asset Bertumbuh Doubel Digit

10

Proses tak akan mengkhianati hasil. Prinsip inilah yang dilaksanakan manajemen PT BPR Suliki Gunung Mas ditahun 2020.Ketiga

Walau kondisi ekonomi sangat tak memungkinkan untuk melakukan ekspansi kredit, namun berkat kerja keras dan kerja cerdas, realisasi kredit itu masih mampu dimaksimalkan.

“Alhamdulillah, kinerja PT BPR Suliki Gunung Mas ditahun 2020 ini masih berjalan dengan baik dan mampu bertumbuh double digit. Total asset tercapai Rp 36,93 miliar, realisasi Kredit sebesar Rp 31,41 miliar dan Dana Pihak Ketiga sebanyak Rp 23,73 miliar. Begitu juga dengan indikator kualitas aktiva. Intermediasi berjalan sangat maksimum dan ratio Kredit bermasalah relatif kecil diangka 3,31 persen serta Laba Bersih Usaha sebanyak Rp 510 juta,” ungkap Direktur Utama PT BPR Suliki Gunung Mas Ifwan Rosja didampingi Direkturnya Hendra Kurniawan kepada Padang Ekspres, kemarin.

Menurut Ifwan Rosja, secara kinerja PT BPR Suliki Gunung Mas ditahun 2020 masih mampu tercapai dengan baik. Selain mampu melakukan ekspansi kredit, pengendalian biaya juga berlangsung dengan efisien dan efektif. Tidak itu saja, surplus likuiditas pun dapat dikelola dangan baik.

Asset

Dari evaluasi dan audit yang dilakukan akuntan publik Afrizal Sy per 31 Desember 2020 tercatat total asset PT BPR Suliki Gunung Mas sebanyak Rp 36,93 miliar atau tumbuh 11,01 persen dibandingkan total asset tahun 2019 yang lalu.

Bertumbuhnya total asset selain dikontribusi oleh maksimumnya realisasi kredit juga didorong oleh meningkatnya nilai ekuitas.

Kredit

Berbeda jauh dengan re rata lembaga keuangan lainnya, PT BPR Suliki Gunung Mas ditahun 2020 tak menemui kendala dalam mendistribusikan kredit.

Buktinya PT BPR Suliki Gunung Mas masih mampu melakukan ekspansi kredit dan menghasilkan pertumbuhan kredit secara year on year di atas rata-rata pertumbuhan kredit secara nasional.

Hinga per 31 Desember 2020 tercatat total kredit yang mampu disalurkan sepanjang tahun 2020 sebanyak Rp 31,41 miliar atau tumbuh dibandingkan dengan realisasi kredit tahun 2019 yang lalu dengan nilai Rp 29,61 miliar.

Berjalan maksimalnya realisasi kredit memberikan dampak positif bagi pendapatan bunga. Total pendapatan bunga yang bisa dibukukan selama tahun 2020 tercatat sebanyak Rp 5,50 miliar dan pendapatan lainnya sebanyak Rp 335 juta.

Baca Juga:  Astra Group Padang Bagikan 150 Paket Sembako dan 5 Ribu Lembar Masker

Dana Pihak Ketiga

Sedikit berbeda dengan kinerja kredit, Dana Pihak Ketiga yang mampu dihimpun PT BPR Suliki Gunung Mas ditahun 2020 relatif konstan.

Total Dana Pihak Ketiga yang mampu dihimpun selama tahun 2020 tercatat sebanyak Rp 23,73 miliar atau tumbuh konstan dibandingkan reliasi Dana Pihak Ketiga tahun 2019 yang lalu.

Dari dua produk penghimpun dana, baik tabungan maupun deposito sama-sama konstan.

Total dana tabungan yang mampu dihimpun selama tahun 2020 tercatat sebanyak Rp 10,53 miliar sedangkan dana deposito selama tahun 2020 terkumpul sebanyak Rp 13,20 miliar.

Sementara itu penempatan dana antar bank juga mengalami pertumbuhan dari Rp 2,07 miliar ditahun 2019 meningkat menjadi Rp 3,80 miliar ditahun 2020.

Relaksasi dan Laba

Bila kita telisik lebih dalam ada anomali yang membuat kita sedikit termenung. Bertumbuhnya kinerja asset dan kredit ternyata tak linier dengan peningkatan pendapatan. Total pendapatan operasional yang berhasil dibukukan ditahun 2020 tercatat sebanyak Rp 5,84 miliar.

“Target Pendapatan Operasional dan target laba bersih usaha memang tak tercapai. Kondisi ini dipicu oleh kebijakan atau regulasi dari pemerintah yang membuka peluang melonggarkan kewajiban bayar dari nasabah terhadap bank ditahun 2020.Tegasnya, relaksasi membawa dampak tertundanya tenor kredit dan tertundanya pendapatan bunga yang semestinya bisa di bulan atau tahun ini menjadi luncuran ke tahun berikutnya,” ujar Ifwan Rosja.

Dari data yang dimiliki Padang Ekspres, PT BPR Suliki Gunung Mas merupakan salah satu BPR yang bernaung dibawah binaan Bank Nagari.

BPR yang beroperasional di wilayah kabupaten Limapuluh Kota dalam lima tahun terakhir tercatat selalu berkinerja bagus.

Selain asset dan laba yang terus meningkat, BPR Suliki Gunung Mas juga beberapa kali meraih penghargaan Infobank Award dengan prediket berkinerja sangat bagus untuk kategori BPR ber-asset antara Rp 25 miliar sampai dengan Rp 50 miliar.

Bahkan PT BPR Suliki Gunung Mas merupakan salah satu BPR yang berhasil meraih Golden Award Info sebagai bentuk apresiasi atas kinerja lima tahun berturut-turut. (Two Efly-Padang Ekspres)

Previous articleAndre Rosiade Apresiasi Kader Gerindra Berbagi saat Ramadhan
Next articleTanggapi LKPj Bupati Pessel Tahun 2020, DPRD Sampaikan 13 Rekomendasi