YBM PLN Pusat Beri Beasiswa Cahaya Pintar untuk Mahasiswa UIN IB Padang

9
GM PLN UIW Sumbar dan Gubernur Sumbar saat penyerahan bantuan dari YBM PLN Pusat. (Foto: Humas PLN Sumbar)

Hingga saat ini masih banyak generasi muda penerus bangsa yang belum mendapat kesempatan untuk memperoleh pendidikan secara layak. Padahal pendidikan adalah modal utama untuk memutus mata rantai kemiskinan dan kebodohan. Kondisi inilah yang melatarbelakangi program beasiswa yang diberi tajuk Beasiswa Cahaya Pintar.

Wakil Ketua YBM PLN Pusat, Hery Hasanuddin mengungkapkan bahwa di tahun 2015 zakat yang disalurkan oleh YBM sekitar Rp 10 miliar dan mengalami peningkatan signifikan di tahun 2019 menjadi Rp 200 miliar.

“Alhamdulillah di tahun 2019 ini zakat yang disalurkan mengalami peningkatan signifikan menjadi Rp 200 miliar. Inilah yang kami manfaatkan untuk membantu dunia pendidikan. Pada tahun ini kami memberikan beasiswa kepada 1.000 mahasiswa UIN yang tersebar di seluruh Indonesia,” ungkap Hery.

Penyerahan beasiswa dilakukan, Jumat (21/2/2020) dan diterima secara simbolis oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang (UIN IB Padang), Eka Putra Wirman.

Untuk kegiatan itu, belum bisa menjangkau semua mahasiswa mustahik, karena kuota beasiswa yang terbatas sehingga perlu proses seleksi.

General Manager PLN UIW Sumatera Barat, Bambang Dwiyanto mengungkapkan bahwa saat ini ketahanan listrik Sumatera Barat sudah optimal.

“Pasokan listrik di Sumatera Barat saat ini sudah dalam posisi surplus. Cadangan di Sumatera Barat mencapai 100 megawatt, cadangan ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat termasuk kalangan pendidikan,” ungkap Bambang.

PLN berharap dengan adanya Beasiswa Cahaya Pintar ini, mampu memberikan kemudahan bagi para mahasiswa mustahik untuk mendapatkan pendidikan yang layak, sehingga nantinya akan benar-benar mampu memutus rantai kemiskinan dan menjadikan mustahik menjadi muzakki. (*)