Atasi Pelemahan Ekonomi, Bank Diminta Tetap Salurkan Kredit

Wali Kota Pariaman Genius Umar memberikan masker kepada pedagang pasar untuk cegah Covid-19. (Foto-Diskominfo)

Untuk meminimalisir dampak pandemi virus korona (Covid-19) terhadap perekonomian, Pemko Pariaman bertemu pimpinan perbankan untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang diambil.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengundang kepala perbankan di Kota Pariaman rapat di ruang kerjanya, Balaikota Pariaman, Selasa (24/3).

“Kita sudah bahas langkah apa saja yang kita terapkan untuk membantu masyarakat yang dilanda lesunya ekonomi saat ini. Kita menyepakati bahwa perbankan agar tetap menyalurkan kreditnya kepada masyarakat. Agar ekonomi masyarakat bisa bangkit dengan adanya tambahan modal,” kata Genius usai rapat.

Selanjutnya, sesuai dengan kebijakan pemerintah yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa perlu dilakukan restrukturisasi kredit terhadap debitur atau penjadwalan ulang kredit sehingga bisa mengurangi beban lesunya usaha.

Selain itu, kata Genius, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, pihak perbankan di Pariaman wajib menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, seperti menyediakan hand sanitizer atau wastafel untuk cuci tangan nasabah yang masuk bank, pengukuruan suhu tubuh dengan thermal gun, serta menjaga jarak aman dalam antrean nasabah.

Genius juga menyampaikan bahwa untuk pembayaran PIP (Program Indonesia Pintar) bagi siswa penerima diminta mengambil langsung oleh yang bersangkutan didampingi satu orangtua. “Apabila masih menumpuk, kita akan buat penundaan pembayaran PIP ini,” tegasnya.(rel)