Pengusaha Rakik Terbantu oleh Gallery Balanjo Semen Padang

52

Gallery Balanjo, salah satu toko suvenir dan pusat oleh-oleh khas Sumatera Barat. Didirikan oleh Corporate Social Responsibility (CSR) Semen Padang, dinilai cukup mumpuni mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya.

Selain pusat suvenir dan toko oleh-oleh terbesar di Kota Padang, keberadaan Gallery Balanjo di Jalan Pemuda atau depan Plaza Andalas, menjadi keuntungan bagi UMKM binaan CSR Semen Padang untuk bisa memasok hasil produknya untuk dijual di Gallery Balanjo.

“Sebagai pelaku UMKM binaan CSR Semen Padang, kami bersyukur produk kami bisa di pasarkan di Gallery Balanjo,” kata Syafni,  pelaku UMKM binaan CSR Semen Padang, Rabu (24/6/2020).

Pengusaha Rakik itu juga mengatakan bahwa sejak memasok oleh-oleh di Gallery Balanjo, produksinya semakin meningkat. Kebutuhan Rakik di Gallery Balanjo cukup besar, sekitar 20 persen Rakik yang diproduksinya dijual di Gallery Balanjo.

“Saya memasok Rakik sejak Gallery Balanjo didirikan, yaitu di medio September 2017. Saya lupa tanggalnya. Alhamdulillah, sejak adanya Gallery Balanjo, pendapatan saya bertambah karena adanya permintaan Rakik di Gallery Balanjo,” ujarnya.

Sebelum menjadi salah satu pelaku UMKM yang memasok Rakik di Gallery Balanjo, pengusaha Rakik yang tinggal di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan itu menuturkan Rakik yang diproduksinya hanya dijual di beberapa warung dan pasar satelit, seperti Pasar Simpang Haru dan Pasar Bandar Buat.

“Kemudian di samping itu, saya juga melayani pemesanan oleh-oleh beberapa warga untuk dijadikan sebagai ‘buah tangan’ (oleh-oleh) bagi warga yang ingin berkunjung ke tempat saudara atau sanak keluarga yang ada di perantauan. Bahkan, Rakik saya ini ada yang pernah di kirim ke Jepang, Malaysia dan beberapa kota besar di Indonesia,” bebernya.

Hal yang sama juga disampaikan oelaku UMKM binaan CSR Semen Padang lainnya bernama Aziar, yang tinggal di Purus II, jalan Gang Buntu No 33B Purus, Kecamatan Padang Barat.

Dikatakannya, sebagai UMKM binaan CSR Semen Padang, sangat banyak keuntungan yang didapat. Selain mendapat kesempatan untuk menjadi pemasok suvenir dan oleh-oleh di Gallery Balanjo, bunga dari pinjaman modal usaha yang diberikan oleh CSR Semen Padang juga rendah, dan para pelaku UMKM juga dibimbing dalam memenej keuangan melalui berbagai pelatihan.

“Selain itu, para UMKM binaan juga difasilitasi untuk mengikuti pelbagai pameran di Kota Padang maupun di luar Kota Padang. Seperti saya misalnya, pernah diikutkan oleh CSR Semen Padang untuk pameran di Padang Fair tahun 2018 lalu. Dan hasilnya, konsumen saya bertambah dan penjualan saya meningkat,” katanya. (hsn)