Wapres: Konversi Bank Nagari Sejalan dengan Renstra Nasional

52

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai rencana konversi Bank Nagari dari sistem konvensional menjadi syariah sejalan dengan rencana strategis (renstra) nasional pemerintah.

“Rencana strategis nasional saat ini bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah di bidang keuangan, industri dan keuangan non bank,” katanya dalam zoom meeting bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Rabu (23/6/2021).

Disebutkannya bahwa saat ini Aceh dan NTB sudah melakukan konversi ke sistem syariah. Sementara Riau dan Sumbar sedang dalam proses.

Wapres menilai Sumbar semestinya bisa lebih cepat dan lebih dulu dalam prosesnya karena memiliki falsafah dan Tungku Tigo Sajarangan.

Menurutnya momentum saat ini sangat tepat untuk mewujudkan keinginan tersebut dengan dukungan DPRD provinsi, bupati dan wali kota.

Diyakini komunitas hijrah dan milenial akan menjadi salah satu potensi besar untuk mengembangkan bank.

Sementara itu Gubernur Mahyeldi meminta arahan lebih lanjut dari wapres terkait persiapan konversi Bank Nagari ke sistem syariah sesuai kesepakatan RUPS 2019.

Ia berharap wapres bisa memberikan pencerahan pada bupati, wali kota dan tokoh Sumbar lainnya sehingga proses konversi bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Bisnis BRI Didorong Dari Mikro, Oleh Mikro, Dan Untuk Mikro

Ia menyebut karena pandemi Covid-19, sejumlah bupati dan wali kota khawatir akan potensi penurunan deviden serta korporat menarik dana dari Bank Nagari.

Mahyeldi meyakinkan bahwa selaku gubernur ia sudah melakukan langkah penguatan persiapan, di antaranya menjalin komunikasi dengan deposan dan direktur Bank Syariah Indonesia (BSI).

Ia optimistis bisa mendorong korporat untuk tetap menempatkan dananya di Bank Nagari.

“Kita akan tingkatkan mutu dan pelayanan, termasuk keuntungan bagi hasilnya sehingga nasabah tetap semangat menabung di Bank Nagari Syariah,” katanya.

Dengan segala persiapan matang itu diharapkan bisa menjawab kekhawatiran bupati dan wali kota dan tokoh-tokoh di Sumbar tersebut sehingga proses konversi bisa berjalan lancar.

Dalam acara tersebut juga direncanakan dialog virtual wakil lresiden dengan bupati dan wali kota se-Sumbar terkait konversi Bank Nagari.(rel)