Bisnis Tanaman Anggrek Diminati! Jadi Studi Lapangan Mahasiswa dan Dosen!

4
BERBAGI ILMU: Dosen Biologi FMIPA Unand sekaligus pemilik Orchid & Cactus House Padang Dr Mairawita Marlis Rahman menjelaskan budidaya anggrek, Kamis (23/6).(IST)

Seiring meningkatnya peminat tanaman hortikultura khususnya tanaman hias, membuat bisnis ini menjadi berkembang dan menjanjikan.

Bahkan, baru-baru ini sebanyak 60 orang mahasiswa beserta dosen Politeknik Pertanian (Politani) Payakumbuh secara khusus melakukan kunjungan lapangan ke Orchid & Cactus House Padang di Kelurahan Limaumanih Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Studi lapangan ini ditujukan untuk mempelajari tentang budidaya anggrek lewat Dr Mairawita Marlis Rahman MSi, dosen Biologi FMIPA Unand sekaligus pemilik Orchid & Cactus House Padang.

Studi lapangan ini dikemas lewat pengabdian masyarakat melibatkan 30 orang dosen FMIPA Unand sebagai sumbangsih dalam tri dharma perguruan tinggi. Yakni, lewat pengaplikasian ilmu yang dimiliki masyarakat.

Meskipun pada awalnya kegiatan studi lapangan ini disambut hujan lebat yang mengguyur Padang, tetapi hal itu tidak mengurangi antusiasme Mahasiswa maupun dosen yang berpartisipasi di kegiatan tersebut. Terbukti, banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber.

Seusai hujan reda, mahasiswa dan dosen beserta peserta pun melakukan peninjauan terhadap tanaman anggrek di kebun Orchid & Cactus House Padang secara seksama, baik cara perlakuan, perbanyakan, penanaman, penempatan, penyiraman, maupun pemupukan yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek.

Baca Juga:  Program Erick Thohir Bantu Lebih 10 Ribu Keluarga Prasejahtera Payakumbuh

Peluang berbisnis tanaman hias, khususnya anggrek dan kaktus dinilai sangat menjanjikan pada saat ini, didukung dengan sistem online yang membantu seller untuk menjangkau pelanggan dengan lebih luas. Banyaknya pencinta tanaman hias dan antusiasme yang tinggi membuat bisnis tanaman hias ini menjadi lebih menjanjikan.

“Semoga lewat pengabdian masyarakat ini dapat membuka wawasan mahasiswa Politekik Pertanian Payakumbuh agar kelak mereka dapat membudidayakan dan menggeluti bisnis tanaman hias anggrek, serta kaktus secara profesional,” ujar dia. (cr4)