Yuk Mengenal Toyota All New Avanza Tipe E, G dan Veloz

Aljufri menyerahkan Avanza Veloz kepada customer Alwandris dari Kemenag Tanahdatar.

Avanza di Indonesia terkenal dengan mobil sejuta umat. Sejak diluncurkan di tahun 2004, Avanza selalu menjadi mobil terlaris setuap tahunnya. Banyak produk yang ingin masuk ke pasar Avanza, tapi tidak bisa mengalahkan keadidayaan Toyota Avanza.

“Salah satu sebabnya, kualitas produk yang benar-benar teruji. Jadi tak salah jika Avanza menjadi icon Toyota, baik di pasar nasional maupun Sumatera Barat,” ujar Aljufri SP, senior sales executive Auto2000 Padang, kepada padek.co, Jumat (24/7/2020).

Ada banyak pertimbangan dalam memilih mobil, dari spesifikasi, merk, hingga harga yang sesuai dengan anggaran. Setelah jatuh pada satu merk, kita mungkin masih dibuat bingung dengan adanya varian seperti Toyota All New Avanza yang menyediakan tiga tipe; E, G dan Veloz.

“Diurutkan dari rendah ke tinggi, Toyota All New Avanza tipe E adalah tipe yang paling rendah, diikuti oleh Toyota All New Avanza tipe G. Tipe Veloz menduduki tipe tertinggi dalam deretan mobil Toyota All New Avanza,” ungkap alumnus Fakultas Pertanian Unand ini.

​​​​Perbedaan Desain Eksterior

​​​​​​​Perbedaan desain eksterior yang cukup mencolok pada setiap tipe Toyota All New Avanza adalah warna body kendaraan. Toyota All New Avanza tipe 1.3 E, keseluruhan body memiliki warna yang sama.

Pada Toyota All New Avanza tipe 1.3 G dan 1.5 G, terdapat pembeda dengan Toyota All New Avanza tipe 1.3 E pada grill palangnya yang berwarna chrome. Sementara, pada Toyota All New Avanza tipe Veloz, grill palangnya berwarna chrome dengan penambahan ornamen sarang lebah.

​​​​​Lampu sein spion disematkan pada Toyota All New Avanza tipe Veloz yang tidak ditemukan pada tipe yang lain. Begitu juga dengan pilihan ban 185/65 R15 untuk Toyota All New Avanza Tipe Veloz.

Untuk tipe E dan G, Toyota menyematkan ban dengan diameter lebih kecil; 185/70 R14. Pembeda ban untuk tipe E dan G terletak pada velgnya, tipe E velg di dop plastik sementara tipe G menggunakan velg alloy-8 spoke.

Parking sensor yang membantu pengemudi saat memarkir kendaraan hanya tersedia pada Toyota All New Avanza tipe G dan Veloz. Toyota All New Avanza tipe Veloz dibekali dengan fog lamp yang lebih menonjol pada bemper depan dan reflektor bemper berbentuk bulat pada bemper belakang yang tidak ditemukan pada dua tipe lainnya.

Perbedaan Desain Interior

​​​​​​​Toyota All New Avanza, baik tipe E, G maupun Veloz dilengkapi dengan dual SRS airbag, pengaturan manual kursi pengemudi, AC double blower dan  Stir 3-spoke dengan electric power steering (EPS).

Perbedaan mencolok ada pada audio unit. Toyota All New Avanza tipe 1.3 G menggunakan Audio head unit 1 DIN CD 4-sp black, pada tipe 1,5 G menggunakan unit yang sama tetapi berwarna silver.

​​​​​​​​Toyota All New Avanza Veloz memiliki fitur yang lebih komplit. Semua fitur pada tipe E dan G dimiliki oleh Toyota All New Avanza tipe Veloz dan masih dilengkapi dengan Audio head unit 2 DIN CD berwarna silver dengan 4 speaker, USB HUB & AUX IN, Steering Switch & Tilt Steering, Combination Meter dengan MID ( Multi Information Display).

 Perbedaan Spesifikasi Mesin

​​​​​​​Toyota All New Avanza tipe E dibekali mesin 1.300cc DOHC / VVT-i / IL / 4 silinder / 16 V dengan dua pilihan transmisi, matic dan manual.

Lain hal dengan Toyota All New Avanza tipe E yang hanya menyediakan satu jenis mesin berkapasitas 1.300 cc, Toyota All New Avanza tipe G menyediakan dua pilihan kapasitas mesin 1.300 cc dan 1.500cc dengan jenis mesin yang sama; DOHC / VVT-i / IL / 4 silinder / 16 V.

Toyota All New Avanza tipe G berkapasitas 1.300cc tersedia dalam dua pilihan transmisi, transmisi manual dan matic. Sementara Toyota All New Avanza tipe G dengan kapasitas 1.500 cc hanya tersedia dalam transmisi manual.

​​​​​​​Toyota All New Avanza tipe Veloz memiliki jenis mesin sama dengan dua saudaranya yang lain; DOHC / VVT-i / IL / 4 silinder / 16 V, dengan kapasitas mesin 1.500 cc yang tersedia dalam dua pilihan transmisi; matic dan manual.

“Tidak dipungkiri animo masyarakat Indonesia terhadap Toyota All New Avanza sangat tinggi. Pilihan tipe mana yang akan diambil ada di tangan Anda,” ujar Aljufri yang bisa dihubungi untuk pemesanan mobil Toyota pilihan di nomor 0813-7499-1979. (*/hsn)