Harga Emas Melonjak Drastis

Harga emas di Pasar Pariaman saat ini melonjak drastis. Untuk emas perhiasan seberat 2,5 gram atau satu emas dijual Rp 2.050.000. Kondisi ini membuat transaksi di toko emas didominasi warga yang menjual emas simpanan mereka.

”Iya, hampir sebulan terakhir harga emas mencapai Rp2.050.000/ per emas atau seberat 2,5 gram. Ini merupakan harga tertinggi selama 1 tahun terakhir,” ujar Emilia, pemilik Toko Emas Murni di Pasar Pariaman, kemarin.

Lonjakan drastis harga emas tersebut menurutnya dipicu perekonomian dunia yang ambruk saat ini. Kenaikan emas membuat transaksi di toko emas didominasi oleh warga yang menjual emas simpanannya.

Persentasenya, sebut Emilia, 80 persen warga yang menjual emas perhiasan dan hanya 20 persen warga yang membeli emas perhiasan. Mereka yang membeli emas tersebut biasanya juga terpaksa karna ikut arisan emas atau membeli sebagai hantaran untuk melihat anak yang baru lahir.

Emilia menyebut, sebagian warga menahan untuk membeli emas karena khawatir kenaikan ini hanya tren sesaat. Ada kekhawatiran emas bakal turun setelah perekonomian dunia kembali membaik. ”Yang menjual emas pun bukan karena ingin ambil untung besar. Namun karena terdesak perekonomian dan kebutuhan. Maklumlah saat ini usaha apapun sedang kesulitan,” ujarnya.

Hal tersebut diakui Malia, 45, warga Jalan RA Kartini Pariaman yang menjual emas karna terdesak untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Usaha dagangnya yang sehari-hari menjual pakaian mengalami penurunan omzet yang drastis sehingga untuk bertahan terpaksa menjual perhiasan emas yang ia simpan.

”Inilah gunanya menyimpan emas saat terdesak bisa segera dijual. Mudah-mudahan nanti setelah perekonomian membaik bisa dibeli lagi,” ujarnya.

Kondisi serupa juga dialami pedagang emas lainnya. Jaya, 45, pemilik toko emas di Pasar Pariaman juga mengakui transaksi jual beli yang turun drastis. Bahkan tragisnya kemarin tak ada satupun transaksi di toko emas miliknya. Hal ini membuatnya, segera menutup toko dengan cepat, karena memang transaksi sangat sepi.

”Semoga wabah ini cepat berlalu, karna masyarakat memang sangat sulit saat ini. Jangankan untuk membeli emas, cukup makan saja sudah untung,” ujarnya. (*)