Rumah Kopnuspos Prioritas Hadir di Padang

23
Wagub Sumbar Audy Joinaldy didampingi Kepala Kantor Utama Rumah Kopnuspos Prioritas Cabang Padang Raja Indra menyerahkan simpanan berjangka kepada anggota Kopnuspos usai peresmian Rumah Kopnuspos Prioritas Cabang Padang, kemarin (26/4). (IST)

Rumah Koperasi Nusantara Pos (Kopnuspos) Prioritas Cabang Padang yang berlokasi di Jalan Ujunggurun, Kelurahan Ujunggurun, Kecamatan Padang Barat, resmi dibuka, kemarin (26/4), usai diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joenaldy.

Kepala Kantor Utama Rumah Kopnuspos Prioritas Cabang Padang, Raja Indra menjelaskan Kopnuspos adalah produk layanan hasil kerja sama antara KSP Nusantara (Kopnus) dengan PT Pos Indonesia (Persero) dalam menciptakan produk Simpanan dan Pinjaman Kopnuspos.

“Kami sepakat melakukan ekspansi bisnis simpanan berbasis digital sebagai bentuk dukungan terhadap program pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif,” ungkapnya kepada wartawan usai peresmian.

Dia menambahkan, pembukaan Rumah Kopnuspos Prioritas ini dilakukan untuk meningkatkan jaringan layanan prima bagi anggota Kopnuspos Prioritas di seluruh Indonesia, khususnya di Kota Padang.

“Konsep “Rumah” sengaja dihadirkan, karena koperasi prinsipnya adalah kekeluargaan. Rumah identik dengan keluarga. Jadi nanti siapa pun yang jadi anggota itu merasa seperti di rumah sendiri dan dapat menggunakannya untuk meeting, bekerja, jamuan atau bahkan sekadar berkumpul bersama kerabat,” sebutnya.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pembuktian Kopnuspos dalam memberikan pelayanan prima kepada para anggota. Selain itu juga untuk menginspirasi koperasi lainnya agar terus tumbuh meski di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Kita bisa lihat. Satu-satunya koperasi yang tumbuh di saat pandemi Covid-19 ya Kopnuspos. Jadi masyarakat Kota Padang, ayo simpan, baik simpanan harian maupun simpanan berjangka, bisa di Kopnuspos,” sebutnya.

Raja menjamin, simpanan di Kopnuspos aman. Pasalnya mitra utama Kopnus adalah PT Pos Indonesia. “Dimana ada PT Pos Indonesia, di situ ada Kopnuspos dan itu tersebar di seluruh Indonesia. Jadi ini akan mempermudah masyarakat,” sambung Raja.

Lebih lanjut dia menyampaikan, Rumah Kopnuspos Prioritas merupakan bagian dari layanan premium bagi anggota Kopnuspos Prioritas, yaitu para anggota yang memiliki saldo Simpanan Berjangka dengan nilai minimum Rp 100 juta.

Baca Juga:  Astra Group Padang Bagikan 150 Paket Sembako dan 5 Ribu Lembar Masker

Selain layanan premium, anggota prioritas akan menerima imbal jasa hingga 10 persen dan mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan dengan nilai pertanggungan sebesar jumlah simpanannya hingga maksimal Rp 10 miliar.

Sementara bagi seluruh anggota Kopnuspos punsenantiasa dapat menikmati layanan transaksi keuangan digital melalui aplikasi Kopnuspos yang bisa diunduh melalui Google Playstore untuk pengguna gawai berbasis android dan App store untuk iPhone.

Melalui aplikasi ini berbagai layanan seperti pendaftaran anggota, melakukan simpanan, transfer antar anggota ataupun dengan bank nasional, cek saldo, mutasi, pembayaran tagihan rutin, pajak, BPJS, pembelian pulsa, token listrik dan belanja di berbagai merchant yang sudah terafiliasi dapat dilakukan langsung 24 jam.

Di sisi lain, layanan utama Kopnuspos adalah produk simpan pinjam, dimana fasilitas pinjaman diberikan khusus untuk anggota pensiunan ASN dan TNI-Polri yang pembayaran pensiunannya dilakukan di Kantor Pos.

Dalam hal ini Kopnuspos bisa memberikan pinjaman hampir Rp 300 juta per persinunan tergantung usia dan besaran gaji. Proses administasinya pun sangat cepat dibandingkan yang lain.

“Kita cukup tiga berkas dan hanya butuh waktu 10 menit cair. Selain itu nol tunggakan, setiap bulan gaji pensiunan masuk akan dipotong, jadi risiko macet tidak ada,” kata Raja.
Ketua Pengawas Kopnuspos Prioritas Joshua Rahmat mengatakan pembukaan Kopnuspos Cabang Padang merupakan kesembilan dari 100 cabang yang akan dibuka. “Ini memberikan pilihan kepada masyarakat Kota Padang untuk menabung. Bisa kami pastikan menabung di Kopnuspos aman,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Audy Joenaldy berharap, kehadiran Rumah Kopnuspos Prioritas dapat berperan membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

“Serta berperan dalam upaya dalam mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. Untuk itu, dengan berkembangnya koperasi begitu diharapkan terjadi pertumbuhan dan pemerataan dalam pembangunan ekonomi,” harapnya. (i)

Previous articleParkir Sembarangan, Ban Mobil Dikempeskan
Next articleWBP dan Petugas Lapas Shalat Ghaib