UMKM Kue Batiah Jorong Baduih Dirangkul Dosen UBH

44
Kegiatan pengabidan masyarakat dosen UBH merangkul sejumlah UMKM batiah. (IST)

Sedikitnya puluhan pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kue Batiah di Jorong Baduih, Nagari Simawang, mengikuti pelatihan tentang pentingnya kemasan dan merek produk untuk peningkatan daya jual.

Mereka digandeng oleh akademisi Universitas Bung Hatta (UBH) lewat program pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang digelar baru-baru ini.

“Kegiatan ini dibiayai dengan dana hibah PKM internal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta,” ujar ketua kegiatan Dr Inna Kholidasari didampingi anggota Dessi Mufti, MT dan Riska Amelia, M.Kom, Kamis (27/05/2021).

Kegiatan PKM ini melibatkan para dosen dan mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri dan Program Studi Teknologi Komputer Rekayasa Jaringan (TRKJ). Mereka juga menganalisis tata letak tempat kerja pembuatan kue batiah.

“Hasil analisis ini dapat jadi masukan UMKM kue batiah untuk memperbaiki tata letak tempat kerjanya, sehingga waktu proses dan waktu transportasi dalam pembuatan kue batiah dapat dioptimalisasi,” ujar Dr Inna.

Salah satu tokoh masyarakat Jorong Baduih, Prof Nurhajati Hakim, yang juga hadir dalam acara pelatihan menyatakan kegiatan ini sangat tepat diadakan karena membuka wawasan dan menambah ilmu bagi masyarakat, khususnya pengusaha kue batiah.

Baca Juga:  Pemkab Solok Data Ulang Pelaku UMKM

“Usaha kue batiah merupakan mata pencaharian utama beberapa warga Jorong Baduih yang mempekerjakan sanak famili, anak, kemenakan, tetangga dan warga lainnya di jorong tersebut,” katanya.

Dengan adanya usaha untuk meningkatkan penjualan dan memperbaiki sistem pembuatan kue batiah, kata Prof Nurhajati, diharapkan manfaatnya juga dirasakan oleh sebagian besar warga Jorong Baduih.

“Kami menyarankan untuk memberikan pembinaan dan bantuan yang berkelanjutan pada warga Baduih seperti pembinaan kelompok usaha kue batiah dan desain alat pengering kue batiah untuk kegiatan PKM selanjutnya,” harapnya.

Hal senada disampaikan Wali Jorong Baduih, Syawal yang juga sangat mengharapkan keberlanjutan kegiatan PKM dari Tim PKM FTI Universitas Bung Hatta. “Kami sangat berterimakasih atas bantuan dan pembinaan yang diberikan oleh dosen-dosen UBH, semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan lagi,” katanya. (stg)