Saat Gubernur Tawar-menawar Harga hingga Borong Cabai Pedagang

64

Gubernur Sumbar Mahyeldi memborong cabai salah seorang pedagang saat mengunjungi Pasar Kayutanam, di Kabupaten Padangpariaman, Rabu (28/7/2021) pagi.

Mahyeldi saat mengunjungi pasar yang berada di sisi jalan lintas Padang – Bukittinggi ini ditemani Ketua DPRD Padangpariaman Arwinsyah, Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, Kepala Dinas Sosial Sumbar Jumaidi dan sejumlah pejabat lainnya.

Kehadiran rombongan disambut oleh warga dan pedagang. Banyak yang minta dagangannya dibeli.

Mahyeldi kemudian menghampiri lapak pedagang cabai dan jengkol. Setelah tawar-menawar, Mahyeldi akhirnya memborong dua karung cabai seberat 27 kg senilai Rp432 ribu.

“Ini bagus ndak cabainya? ladang sendiri atau ambil dari orang? ibuk jual berapa?” tanya gubernur yang akrab disapa Buya ini.

“Tadi ditawar orang Rp12 ribu sekilo, tapi saya gak mau, terlalu murah. Kalau Bapak mau ambillah pak, cabainya bagus. Jariang (jengkol) juga bagus ni pak. Bapak suka jengkol atau ndak?” jawab Maryama, 57, pedagang.

“Saya tawar Rp16 ribu bagaimana, saya borong semuanya?” lanjut Buya.

Maryama sangat senang sekali dagangannya diborong habis. “Terimakasih banyak Pak Gubernur sudah membeli cabai saya. Mudah-mudahan pemerintah lebih memperhatikan kami petani ini agar bisa lebih sejahtera,” ucap Maryama.

Baca Juga:  Bentuk Holding Gula, Nevi Ingatkan Swasembada dan Benahi Pabrik Tua

Selain itu, Mahyeldi juga mampir ke lapak-lapak pedagang lainnya dan menanyakan kondisi transaksi jual-beli di kedai mereka. Terakhir, bersama rombongan, Buya mengunjungi salah satu warung untuk sarapan soto khas Kayutanam dan juga mengajak beberapa orang warga.

Kunjungan gubernur ke Kayutanam dalam rangka memantau penyerahan bantuan sosial tunai (BST) dan beras PPKM di Kantor Pos setempat.(rel)