Mobil Mewah Irit Bahan Bakar! Smart Hybrid, Tercanggih Dikelasnya!

30
PEMBUKTIAN: Suzuki All New Ertiga Hybrid saat berada di BIM usai test drive menjajal sejumlah jalur tanjakan Sitinjau Lauik dan Bukik Lampu, Senin (28/6).(IST)

PT Elang Perkasa Motor selaku dealer resmi mobil Suzuki melakukan test drive produk terbaru Suzuki All New Ertiga Hybrid bersama awak media di Kota Padang, Senin (27/6).

Tak tanggung-tanggung, jalur yang ditempuh adalah jalur tanjakan Sitinjau Lauik, Bukik Lampu, hingga jalan lurus By Pass menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Dari total 83 kilometer jarak yang ditempuh, dengan kecepatan rata-rata 50 kilometer per jam, konsumsi bahan bakar mobil low MPV berteknologi hybrid pertama di Indonesia ini hanya 20 kilometer per liter.

Tak hanya itu, dengan teknologi smart hybrid yang canggih dan satu-satunya di kelasnya, menjadikan All New Ertiga Hybrid ini lebih ramah lingkungan. Pasalnya, mobil ini menggunakan sumber tenaga dari mesin bensin konvensional, digabungkan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion.

ISG berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke baterai. Energi listrik inilah yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala, saat mobil dalam posisi berhenti atau engine auto start stop aktif. Sehingga membuat konsumsi bahan bakarnya lebih efisien.

Tak kalah menarik, All New Ertiga Hybrid juga memiliki fitur cruise control yang dapat meningkatkan kenyamanan bagi pengendara. Terlebih saat di jalan lurus atau jalan bebas hambatan.

Bagaimana tidak, jika fitur cruise control ini diaktifkan, tanpa menginjak pedal gas mobil dapat berjalan dengan kecepatan tertentu minimal 43 kilometer per jam, sehingga pengendara dapat mengistirahatkan kaki.

Sementara kecepatan dapat diatur secara manual baik itu dikurangi atau pun ditambah, pada bagian kanan kemudi. Dengan adanya teknologi Electronic Stability Programme (ESP), membuat pengereman optimal dan mobil ini stabil saat melaju di jalan licin dan berbelok, serta mencegah over steer dan under steer.

Baca Juga:  Korban Kapal Meledak di Batam Terima Santunan JKK BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, saat teknologi New Hill Hold Control diaktifkan, rem secara otomatis menahan sementara selama 3 detik laju kendaraan, saat berada di jalan menanjak, sehingga mobil tidak bergerak mundur. Bagian dashborad Suzuki All New Ertiga Hybrid dibalut carbon menjadikan interior mobil ini semakin mewah.

Meski mobil ini dapat menampung tujuh orang, namun saat berada di dalamnya terasa cukup nyaman. Hal ini karena jarak antara seat bagian tengah dengan belakang cukup jauh sehingga tidak terasa sempit bagi kaki penumpang.

Usai test drive, General Manager PT Elang Perkasa Motor Wibowo Santoso mengatakan, semua kecanggihan yang terdapat pada Suzuki All New Ertiga Hybrid tersebut memang dipersembahkan Suzuki untuk masyarakat Indonesia, khususnya Sumbar.

“Dengan teknologi itu, masyarakat tidak perlu khawatir lagi soal konsumsi bahan bakar, atau ketika jalanan menanjak seperti di Sitinjau dan Bukik Lampu, mobil ini sangat membuat nyaman,” tutur Wibowo.

Suzuki All New Ertiga Hybrid dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif. Type SS-AT Rp 322 juta, type SS-MT Rp 312 juta, type GX-AT Rp 310,5 juta, dan type GX-MT Rp 300 juta.

“Stok ready. Tidak perlu inden dan tidak ada tambahan biaya untuk pilihan warna putih. Masyarakat tinggal datang ke dealer kita di Jalan Khatib Sulaiman,” sebut Wibowo. (rel/idr)