Ini Tips Menjadi Investor Cerdas dari Lo Kheng Hong

117

Investor ternama Indonesia Lo Kheng Hong berbagi tips bagaimana cara menjadi seorang investor yang cerdas. Menurutnya, salah satu cara menjadi investor cerdas adalah mengetahui apa yang akan dibeli.

“Investor yang cerdas, tahu apa yang dia beli. Investor yang tidak cerdas, beli kucing dalam karung,” katanya saat menjadi pembicara utama dalam Webinar Nasional yang diadakan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi (IKAFE) Unand, Kamis (29/7/2021).

Pria yang dijuluki Warren Buffet Indonesia ini menjelaskan, bursa saham tidak mengenal belas kasihan dan tidak akan memberi ampun kepada investor yang tidak tahu apa yang dia belinya.

“Investor yang cerdas juga tidak akan pernah mau membeli perusahaan yang dikelola oleh orang yang tidak jujur dan tidak berintegritas, serta suka mengambil uang perusahaan untuk memperkaya diri,” ujarnya.

Selain itu, investor yang cerdas akan membeli perusahaan dengan bidang usaha yang bagus, bertumbuh, dan memiliki nilai keuntungan yang besar setiap tahun. “Terakhir, investor yang cerdas itu membeli perusahaan yang valuasinya murah,” sebut Lo Kheng Hong.

Baca Juga:  Jasindo Bantu Warga Sumbar lewat Program Kesehatan, Pendidikan & Wirausaha

Sementara itu, Direktur MNC Sekuritas Susi Meilina yang juga menjadi narasumber dalam Webinar Nasional tersebut menyampaikan, ada beberapa cara mudah untuk berinvestasi.

Antara lain membuka rekening efek di perusahaan sekuritas, dan disiplin mengisikan dana. “Yang namanya investasi, kalau bisa dananya jangan stag aja. Begitu dapat uang bulanan, sisihkan untuk investasi dan beli saham,” katanya.

Di sisi lain, Ketua Umum IKAFE Unand Novrihandri mengungkap, Webinar Nasional ditujukan untuk memasyarakatkan digital market. Selain itu, dengan menghadirkan para pakar di bidang saham, diharapkan dapat sharing ilmu dan experience.

“Ini juga menjadi peluang bagi para alumni dan kita semua yang hadir, karena ini menjadikan kita semakin tahu, semakin belajar, dan mencoba menjadi investor saham nantinya,” ucap Novrihandri. (idr)