PLN Resmikan Penyalaan Listrik Gratis di Mentawai

24
BANTUAN: Peresmian penyalaan listrik gratis untuk 176 rumah warga kurang mampu di Kecamatan Siberut Selatan melalui media virtual video conference, Senin (30/8).(IST)

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar melalui program PLN Peduli meresmikan penyalaan listrik gratis untuk 176 rumah warga kurang mampu di Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai Senin (30/8). Peresmian ini digelar melalui media virtual video conference.

Hadir General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo beserta seluruh jajaran manajemen, Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogok, Kapolsek Siberut Selatan, Camat Siberut Selatan, dan lainnya.

Bantuan sambungan listrik gratis senilai Rp 225 juta tersebut merupakan salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PLN yang hadir dalam bentuk bantuan pemasangan instalasi listrik, SLO, biaya penyambungan pasang baru listrik daya 450 VA, dan pembelian token perdana.

General Manager PLN UIW Sumbar, Toni Wahyu Wibowo mengungkapkan, bantuan ini merupakan wujud kepedulian PLN terhadap kehidupan warga kurang mampu khususnya yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

Kehadiran listrik dapat menerangi aktivitas sehari-hari masyarakat, meningkatkan kualitas belajar anak, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Siberut Selatan.

“PLN menyadari listrik saat ini menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Oleh karena ini kami terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui bantuan TJSL listrik gratis bagi 176 rumah tangga kurang mampu di Siberut Selatan. Mudah-mudahan kehadiran listrik tidak hanya menjadi penerang, namun mampu menghidupkan perekonomian dan menopang aktivitas warga setempat,”ungkap Toni.

Baca Juga:  Bentuk Holding Gula, Nevi Ingatkan Swasembada dan Benahi Pabrik Tua

Sampai Juli 2021, total aset distribusi PLN di Kepulauan Mentawai berupa Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 258,017 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 236,95 kms, dengan 142 unit gardu distribusi tersebar. Pembangkit di Kepulauan Mentawai sendiri memiliki kapasitas 8,75 MW dengan beban puncak tertinggi 3,91 MW.

Artinya masih ada cadangan daya sekitar 4,84 MW atau 55,34% di Kepulauan Mentawai. PLN optimis pasokan listrik cukup untuk untuk dinikmati oleh seluruh masyarakat di Mentawai.

Sementara itu, Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan listrik gratis PLN kepada masyarakat di Siberut Selatan.

“Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PLN telah hadir hingga ke daerah 3T seperti Kepulauan Mentawai. Kehadiran listrik berperan penting bagi masyarakat disini untuk memudahkan kegiatan mereka sehari-hari sekaligus juga dapat menghidupkan perekonomian setempat. Kami berharap lankah PLN terus berlanjut untuk melistriki desa-desa di kepulauan Mentawai yang belum dapat menikmati listrik,” ujar Yudas.

Hal senada juga disampaikan oleh DPRD Mentawai Yosep Sarogdok yang mengungkapkan apresiasi atas kepedulian PLN terhadap warga Siberut Selatan.

Leonardus, warga Dusun Maileppet, Siberut Selatan menyampaikan rasa haru dan ungkapan syukur atas bantuan listrik gratis yang telah diterimanya. (rel)