Saya Ingin Kerja ke Luar Negeri, Bagaimana Caranya?

52

Pertanyaan:      

Kepada Yth. Kepala BP2MI Sumbar, Bapak Joko, Saya lulusan SMK tahun 2020 jurusan Teknik Otomotif yang berniat bekerja di luar negeri. Apa saja langkah yang harus saya lalui dan prasyarat yang harus dipenuhi sehingga dapat bekerja dengan aman dan berpendapatan besar di luar negeri?

Eko, Siteba, Padang

Jawaban:


BEKERJA ke luar negeri dengan aman dan untuk mendapatkan penghasilan yang besar, maka harus bekerja menjadi tenaga profesional atau terampil. Dalam hal ini, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mendukung dengan menjalin kerja sama di negara-negara maju untuk dapat menempatkan pekerja migran Indonesia pada sektor jabataan yang aman dan menjanjikan.

Salah satu contohnya adalah kerja sama dengan Jepang yang membuka penempatan pekerja migran sejak April 2019 dengan skema Spesified Skilled Worker (SSW) yang dibuka untuk 14 sektor pekerjaan, mulai dari careworker, agriculture, fishery and aquaculture, food service industry dan lainnya. Kuotanya mencapai 345 ribu orang dengan perkiraan gaji pokok 120.000-165.000 yen atau setara Rp15.600.000-Rp22.000.000 per bulan (belum termasuk tunjangan lainnya).

Jika, Pak Eko ingin informasi lainnya terkait peluang kerja luar negeri yang tersedia, maka dapat juga mengakses situs resmi BP2MI: www.bp2mi.go.id. Di laman BP2MI itu, juga terdapat peluang sektor manufaktur di Korea Selatan yang dikenal melalui program Government to Government (G to G). Korea Selatan menawarkan gaji minimum 1.795.310 KRW atau setara Rp21.000.000 per bulan. Gaji ini dapat mencapai Rp35.000.000 per bulan jika termasuk tunjangan, akomodasi dan lembur.

Korea Selatan juga menawarkan pekerjaan pada sektor kontruksi, agrikultural dan life stock, penangkapan ikan dan jasa. Peluang G to G juga terbuka ke Jepang, namun khusus untuk tenaga kesehatan.

Di samping peluang di atas, terdapat peluang di negara lain yang berangkat dengan bantuan Perusahan Penempatan Pekerja Migran Indoensia (P3MI). P3MI menawarkan peluang ke berbagai negara dengan gaji menarik, seperti Polandia, Taiwan, Singapura, Turki, Qatar, Italia dan lainnya yang dapat diakses melalui situs www.jobsinfo.bp2mi.go.id.

Dengan banyaknya peluang kerja luar negeri yang ada, maka langkah pertama bagi yang ingin bekerja ke luar negeri adalah

menentukan negara tujuan yang ingin dijadikan tempat kerja dan juga jabatan apa yang hendak atau ingin dilamar. Dengan mencari tahu peluang kerja luar negeri yang sedang tersedia saat ini. Hal tepat pertama yang dilakukan adalah, bertanya ke BP2MI atau mengunjungi situs resmi terkait peluang kerja luar negeri. Dengan begitu, maka Anda dapat menentukan negara tujuan yang diinginkan serta jabatan pekerjaan yang diminati. Hal ini penting karena saat masa pandemi sekarang, tidak banyak negara yang bersedia menerima pekerja asing di negaranya. Contohnya saja Malaysia yang hingga sekarang masih lockdown.

Baca Juga:  "Pria Trotoar" Tiba di Padang, Andre Rosiade Bakal Modali Ujang

Kedua, sebelum anda melamar pekerjaan yang tersedia di luar negeri, pastikan dulu  anda memenuhi kualifikasi yang diprasyaratkan, terutama terkait kemampuan bahasa negara tujuan dan memenuhi kualifikasi keterampilan yang dibutuhkan.

Setiap negara tujuan bekerja menetapkan standar tersendiri dalam menerima pekerja asing yang profesional dan terampil. Setidaknya harus memiliki kemampuan bahasa dan keterampilan yang diprasyaratkan. Misalnya untuk program SSW ke Jepang, harus berusia minimal 18 tahun, memiliki kemampuan Bahasa Jepang setara N4 serta memiliki sertifikat kompetensi di bidangnya yang diakui oleh Japan Foundation. Bagi pelamar baru, bisa didapatkan melalui ujian skill assessment.

Sedangkan untuk bekerja ke Korea Selatan, harus menguasai bahasa Korea yang dibuktikan melalui ujian EPS-TOPIK.

Ketiga, mengikuti proses perekrutan baik berperan serta dalam uji seleksi yang diselenggarakan. Mengingat setiap negara memiliki proses perekrutan yang berbeeda, maka penting pencaker mengetahui dan mengikuti proses rekrutmennya secara menyeluruh. Dalam proses rekrutmen ini, ada kalanya diikuti proses interview langsung oleh penerima kerja di luar negeri. Maka, perlu kesiapan mental dan mengetahui adat serta kebiasaaan di luar negeri sehingga dapat memberi kesan baik selama proses ini.

Keempat, jika sudah selesai seleksi dan diterima di luar negeri, pastikan anda melengkapi berkas dokumen berangkat, yakni paspor, visa, kontrak kerja dan sebagainya. Dokumen-dokumen ini akan menjadi bahan untuk memastikan diri terdaftar pada pemerintah, baik di tingkat kabupaten/kota atau melalui BP2MI terdekat sehingga anda dapat terlindungi mulai dari sebelum berangkat, saat bekerja dan ketika kembali ke tanah air. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kantor BP2MI terdekat. Di Sumbar, BP2MI berada di Jalan Rasuna Said No 91, Padang.(*)