Bagaimana Cara Aman Bekerja ke Luar Negeri?

21

Pertanyaan:

Kepada Yth. Kepala BP2MI Sumbar, Bapak Joko, Saya lulusan SMK Jurusan Pariwisata. Saya mendapatkan tawaran bekerja ke luar negeri di hotel di Singapura dari salah seorang yang mengaku dari perusahaan tenaga kerja yang menempatkan pekerja ke luar negeri. Apakah benar lowongan tersebut tersedia? Bagaimana saya tahu perusahaan itu benar atau tidak menipu sehingga saya bisa berangkat kerja dengan aman ke luar negeri?

Dahlia, Kabupaten Tanahdatar

Jawaban:


KALAU kita melihat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Nomor 3/100/PK.02.02/I/2021 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Dirjen Binapenta Nomor 3/208888/PK.02.02/VIII/2020 tentang Penetapan Negara Tujuan Penempatan Tertentu Bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, terdapat 17 negara yang menerima PMI untuk bekerja di negeranya.

Adapun 17 Negera tersebut adalah Hungaria, Hongkong, Irak, Saudi Arabia, Korea Selatan, Maladewa, Nigeria, Persatuan Emirat Arab, Polandia, Qatar, Rusia, Singapura, Swedia, Swiss, Turki, Zambia, dan Zimbabwe. Jadi, pada saat masa adaptasi kebiasan baru menghadapi pandemi Covid-19, Singapura memang menerima pekerja migran dari luar negeri. Namun, kita lihat lagi apakah perusahaan tersebut terdaftar sebagai perusahaan resmi dan memang benar memiliki lowongan sebagai pekerja hotel di Singapura?

Di Sumatera Barat, terdapat beberapa Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang mendapatkan izin dari pemerintah dan dapat melakukan perekrutan untuk pekerja migran. Perusahan tersebut adalah PT. Andalan Mitra Prestasi (Pusat), PT. Adhi Makmur Oenggoel Insani, PT. Haena Duta Cemerlang, PT. Falia Sinatrya Sejati, PT. Dian Yogya Perdana, PT. Sriti Rukma Lestari, PT. Mardell Anugrah International, PT. Bina Kridatama Lestari, PT. Sarimadu Jayanusa, PT. Rastanura Rayani Saputra, PT. Sahara Fajarindo, PT. Trias Insan Madani, PT. Duta Tangguh Selaras, dan PT. Tekad Jaya Abadi.

Sedangkan untuk data P3MI seluruh Indonesia yang memiliki izin resmi dari Kementerian Tenaga Kerja, dapat dilihat atau cek langsung pada website resmi kami www.bp2mi.go.id.

Jika memang perusahaan tersebut berasal dari perusahaan resmi, maka langkah untuk bekerja aman adalah mengecek terkait info peluang jabatan atau bidang pekerjaan yang tersedia yang bisa dicek melalui website kami yang berisi informasi peluang kerja luar negeri, yakni, www.jobsinfo.bp2mi.go.id.

Di laman website tersebut terdapat informasi lowongan, mulai dari jabatan atau lowongan pekerjaan, syarat untuk mengisi, tugas umumnya, gaji yang ditawarkan serta P3MI yang memiliki lowongan untuk melakukan perekrutan.

Namun, setelah kami cek, sayangnya untuk lowongan ke Singapura yang dibuka tahun ini hanya untuk pekerja domestic worker atau yang bisa kita sebut sebagai pelaksana rumah tangga, sedangkan untuk pekerjaan lainnya masih belum ada.

Saudari Dahlia diharapkan berhati-hati terhadap informasi terkait peluang kerja. Apalagi, jika sang perekrut sudah meminta uang pengurusan dokumen keberangkatan.

Di Sumatera Barat sendiri pernah terdapat kejadian pada tahun 2019, di mana sebanyak 23 orang melaporkan kasus penipuan. Korban telah membayar uang sebesar Rp 8 juta untuk ke luar negeri, namun tak kunjung berangkat.

Kami, UPT BP2MI Padang berharap peminat kerja luar negeri tidak langsung tergoda iming-iming informasi tidak jelas sumbernya terkait peluang kerja dengan gaji besar ke luar negeri.

Sebaiknya melakukan konfirmasi dan pencarian informasi lebih banyak ke sumber-sumber yang resmi. Jika memang masih mengalami keraguan dapat menghubungi kantor yang membidangi tenaga kerja di daerah kota/kabupaten masing-masing.

Untuk Kabupaten Tanahdatar, dapat langsung ke kantor Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja setempat yang tentunya bekerja sama dengan BP2MI Padang untuk memberikan informasi atau silakan berkunjung ke kantor kami di Jalan Rasuna Said No 91, Kota Padang.(*)